BMKG Prediksi Fenomena La Nina Akan Berlangsung Hingga Pertengahan 2022

Selasa, 11 Januari 2022 - 03:45 WIB
loading...
BMKG Prediksi Fenomena La Nina Akan Berlangsung Hingga Pertengahan 2022
BMKG memprediksi fenomena La Nina masih akan berlangsung pada Semester I atau pertengahan 2022. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena La Nina masih akan berlangsung pada Semester I atau pertengahan 2022. Hal ini karena anomali iklim El Nino Southern Oscillation (ENSO) di Samudera Pasifik diprediksikan masih berada pada fase La Nina dengan intensitas moderate.

“Pada semester I tahun 2022, anomali iklim ENSO di Samudera Pasifik diprediksikan masih berada pada fase La Nina dengan intensitas moderate, dan akan kembali Netral pada Semester II,” kata Plt. Deputi Klimatologi BMKG Urip Haryoko dikutip dari keterangan yang diterima, Selasa (11/1/2022).

Sementara itu, Urip mengatakan anomali iklim Indian Ocean Dipole (IOD) di Samudera Hindia diprediksikan akan berada pada kondisi netral pada periode tersebut. “Di wilayah Indonesia, suhu muka laut di bagian timur diprediksikan hangat,” katanya.



BMKG juga telah mengeluarkan informasi peringatan dini tentang adanya fenomena La Nina yang melanda wilayah Indonesia sejak Agustus 2021 dan diperkirakan berkembang hingga 2022. Fenomena La Nina ini berdampak pada kenaikan intensitas hujan dan dapat memicu kejadian bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.



Sementara itu, BMKG telah memprediksi wilayah-wilayah yang memperoleh curah hujan bulanan di atas normal pada Januari 2022 ini di antaranya Sumatera bagian tengah hingga utara, Kalimantan bagian timur dan utara, Jawa bagian barat, sebagian Sulawesi, Nusa Tenggara bagian timur, Maluku dan Papua.

Selanjutnya di sebagian Sumatera, sebagian Jawa, Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Maluku bagian utara dan Papua pada Februari. Dan, terakhir Sumatera bagian utara, Jawa, Kalimantan bagian utara, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara dan sebagian Papua pada bulan Maret.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)