Lemkapi Serahkan Promoter Reward kepada Timsus Pemulasaran Korban Covid-19 dan Ditlantas PMJ

Rabu, 10 Juni 2020 - 17:18 WIB
loading...
Lemkapi Serahkan Promoter Reward kepada Timsus Pemulasaran Korban Covid-19 dan Ditlantas PMJ
Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Saputra Hasibuan menyerahkan Promoter Reward kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana, di ruang kerjanya, Rabu (10/6/2020). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pengabdian Tim Khusus (Timsus) Pemulasaran Korban Covid-19 Polda Metro Jaya (PMJ) mendapat apresiasi dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi). Penyerahan penghargaan Promoter Reward ini diserahkan secara simbolis oleh Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Saputra Hasibuan kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana, di ruang kerjanya, Rabu (10/6/2020).

Edi mengatalan, Lemkapi yang merupakan perkumpulan para akademisi, mahasiswa, dan masyarakat, sudah lama memantau kinerja hebat dari Timsus yang dibentuk Direktur Samapta Kombes Pol Ngajib ini. (Baca juga: Timsus Ditsamapta PMJ Kembali Tunaikan Fardu Kifayah Jenazah Covid-19)

Edi menilai pengabdian Timsus Samapta ini luar biasa, dimana saat masyarakat mengetahui korban Covid-19 semua pada menjauh, namun beda dengan anggota Tim Khusus Samapta. Mereka dengan ihklas mau mengurus dan menolong serta memakamkan para korban Covid-19 yang meninggal.

"Pengabdian yang tulus tim ini banyak dipuji masyarakat. Kami mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Polri," ujar mantan anggota Kompolnas ini. (Baca juga: Makamkan Dua Jenazah COVID-19, Ditsamapta PMJ Kerahkan Tiga Polwan)

Dalam waktu bersamaan, Lemkapi juga memberikan penghargaan yang sama kepada jajaran Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya yang selama ini aktif bersama jajaran Korlantas Polri, TNI, dan instansi lainnnya, melakukan penyekatan agar masyarakat Jakarta dan sekitarnya tidak mudik dengan harapan Covid-19 tidak menyebar ke daerah. Penghargaan diterima langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

"Kami mencatat sedikitnya 80 ribu kendaraan yang mudik berhasil diigagalkan seluruh jajaran Polri demi menekan penyebaran Covid-19 ke daerah-daerah," kata Pakar Hukum Kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Terdapat sejumlah penilaian Lemkapi dalam memberikan apresiasi. Selain kinerja mereka banyak diapresisi publik, penghargaan ini juga diberikan atas hasil penelitian Lemkapi yang dilakukan pada akhir Mei 2020. Penelitian menyebutkan sebesar 83.4 persen masyarakat puas atas kinerja Polri dan TNI sebagai ujung tombak pelaksana dan pengawas PSBB di lapangan.

Sejumlah alasan masyarakat mengaku puas antara lain melihat Polri di bawah komando Jenderal Pol Idham Azis dan jajaran TNI, sangat aktif mendukung kebijakan Presiden Jokowi melakukan sosialisasi dan mengawasi serta melindungi warga selama PSBB.

Selain itu, Polri dan TNI dimana-mana aktif melakukan penyekatan di jalan raya dan melakukan sosialisasi dan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. Kemudian, Polri banyak terlibat langsung mengurus dan memakamkan jenazah korban Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Nana Sudjana mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kepercayaan dan apresiasi yang diberikan kepada Polri dan TNI. "Kami bersama TNI bekerja dengan tulus untuk melayani dan melindungi masyarakat agar terhindar dari Covid-19," kata mantan Kapolda NTB ini.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)