Wagub DKI Punya Peluang Besar Maju Jadi Cagub Jakarta 2024

Senin, 03 Januari 2022 - 13:33 WIB
loading...
Wagub DKI Punya Peluang Besar Maju Jadi Cagub Jakarta 2024
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza).Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) sosok Ahmad Riza Patria (Ariza) memiliki peluang sangat besar untuk maju sebagai calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta pada Pilkada DKI 2024. Dengan catatan Anies Baswedan memutuskan tak maju kembali dalam Pilkada mendatang.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo merespons munculnya nama seperti Riza Patria, mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmy Diany, hingga Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Nama-nama ini muncul karena usulan dari Penasihat Fraksi Gerindra DKI Jakarta, M. Taufik. Kunto menuturkan, sebenarnya untuk membicarakan calon gubernur masih terbilang sangat dini.

Sehingga, dengan melihat nama-nama yang muncul, Kunto beranggapan semuanya memiliki peluang yang sama.

"Tapi kalau ditanya yang punya peluang besar siapa? Ya tentu saja pertama ya, kalau sekarang sih Pak Ahmad Riza Patria punya peluang besar karena dia Wagub," kata Kunto kepada MNC Portal Indonesia, Senin (3/1/2022).

Hanya saja, kata dia, masa jabatan akan menjadi sebuah persoalan besar bagi politikus Gerindra tersebut. Sebab, kata dia, setelah turun jabatan di tahun 2022, maka Ariza kemungkinan akan kehilangan panggung politiknya.

"Apakah dia bisa mempertahankan eksistensinya setelah turun di 2022 ini sampai 2024, dua tahun kosong tanpa jabatan," ujarnya. Sementara, kata dia, bakal calon lain dari kalangan menteri seperti Bahlil Lahadalia atau bahkan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharinu juga dinilai memiliki peluang yang cukup besar.

Sebab, jika Presiden Jokowi masih meminta keduanya untuk terus berada dalam kabinet, maka bakal calon dari kalangan menteri ini akan tetap mendapat panggung politik hingga 2024 mendatang.

Sedangkan, sosok Airin Rachmy serta sejumlah nama dari unsur mantan atau yang masih menjabat sebagai kepala daerah juga masih memiliki peluang untuk menduduki kursi orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut. Hanya saja, mereka harus mampu menjelaskan kepada masyarakat jika nantinya memimpin Jakarta akan jauh lebih baik dibanding mereka memimpin daerah sebelumnya.

"Jakarta punya kompleksitasnya sendiri, dan perlu meyakinkan warga Jakarta bahwa dia punya kemampuan, kapabilitas, kompetensi yang diinginkan warga Jakarta untuk menjawab persoalan-persoalan di Jakarta," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)