Cegah Covid-19, Sekolah Islam Al-Hamidiyah Vaksinasi 629 Siswa

Jum'at, 24 Desember 2021 - 17:13 WIB
loading...
Cegah Covid-19, Sekolah Islam Al-Hamidiyah Vaksinasi 629 Siswa
Sekolah Islam Al-Hamidiyah vaksinasi 629 siswa. Foto: Istimewa
A A A
DEPOK - Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIH) menggelar program vaksinasi anak usia 6-11 tahun dengan tema “Vaksinasi Ceria”. Acara vaksinasi massal ini diselenggarakan melalui kerjasama dengan UPTD Puskesmas Rangkapan Jaya dalam rangka percepatan vaksinasi.

Vaksinasi anak ini bertujuan untuk mencegah tertularnya anak dari Covid-19 yang otomatis melindungi lingkungan keluarganya juga dan menurunkan angka kematian akibat Covid-19. Vaksinasi ini dibutuhkan siswa SDIT Al-Hamidiyah sudah pembelajaran tatap muka terbatas.

Peserta yang mendaftar vaksin yaitu sekitar 629 anak mulai dari tingkat pendidikan TK B, TPQ, SDIT, dan SMPI Al-Hamidiyah. Para peserta wajib mengikuti alur vaksinasi yang telah ditetapkan oleh Yayasan Islam Al-Hamidiyah.

Mulai dari melakukan registrasi, proses screening, penyuntikan vaksin hingga observasi setelah selesai disuntikannya vaksin. Selama berada di lingkungan Sekolah Al-Hamidiyah, semua orang wajib menjalankan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

”Kegiatan hari ini merupakan vaksiniasi ceria yaitu bagi murid 6-11 tahun, peserta terdiri dari SDIT sekitar 600 murid, kemudian TK, TPQ dan SMPI kelas awal, dan mereka semuanya ini sudah terdaftar dari hari sebelumnya,” kata Direktur Utama YIH Imam Susanto Sjaichu, Jumat (24/12/2021).

”Kita juga berikan sosialisasi kepada orang tua murid akan datang jam berapa, kita bagi dalam beberapa gelombang. Karena begitu banyak kerumunan juga tidak boleh, untuk menghindari kerumunan kita bagi giliran dan acara vaksinasi ini harus selesai sekitar jam 2 siang,” terangnya.

Menurut dia, vaksin merupakan hal yang penting guna mencegah penyebaran mata rantai Covid-19. Pesantren Al-Hamidiyah mendapat juara sebagai Pesantren Ramah Anak dari Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok.

”Alhamdulillah, sampai saat ini di tempat kita belum pernah ada yang terkonfirmasi terjangkit Covid-19,” ungkapnya.

Ketua Satgas Covid-19 Al-Hamidiyah, Farida Sjaichu mengatakan, kegiatan vaksinasi bagi anak berjalan lancar. Dalam mengsukseskan vaksinasi pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada wali murid.

Sehingga pada saat vaksin, kata dia, anak-anak didampingi langsung oleh orang tua wali murid.”Sosialisasi tentang vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun telah kita lakukan sebelumnya kepada wali murid untuk menjaga prokes,” katanya.

Para orangtua murid sangat mendukung dan memberikan respon positif atas program vaksinasi anak yang dilakukan oleh pihak sekolah. Salah satu orangtua murid SDIT Al-Hamidiyah kelas 3 dan kelas 6 Ade mendukung kegiatan Vaksin.

”Prinsipnya sih saya setuju. Karena vaksin itu sebagai bentuk ikhtiar kita untuk membentengi anak-anak dari Covid-19. Sebagai dasar supaya memiliki kekebalan tubuh dan tetap sehat dalam mengikuti pembelajaran,” tegas Ade.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)