Ada Sumur Resapan, Genangan di Cempaka Putih Surut dalam 1 Jam

Jum'at, 24 Desember 2021 - 08:52 WIB
loading...
Ada Sumur Resapan, Genangan di Cempaka Putih Surut dalam 1 Jam
Dengan adanya sumur resapan, genangan yang terjadi di kawasan Cempaka Putih langsung surut dalam 1 jam. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Program sumur resapan yang digaungkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai hasil positif. Dengan adanya sumur resapan, genangan yang terjadi di kawasan Cempaka Putih langsung surut dalam 1 jam.

Wilayah RW 06, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, kerap tergenang apabila terjadi hujan lebat. Genangan yang terjadi bisa sampai setinggi kaki dewasa. Namun kini genangan itu bisa surut dalam waktu satu jam.



Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari mengatakan, di wilayahnya terdapat enam titik lokasi genangan air saat hujan deras. Keenam titik yakni Jalan Cempaka Putih Tengah Raya, Jalan Lentjen Suprapto, Jalan Ahmad Yani depan Patra 2, Jalan Ahmad Yani depan Gudang Garam atau Transmart, Jalan Putih Tengah Raya depan Wisma Maros, dan Jalan Cempaka Putih Timur Lima. Ketinggian air bervariasi antara 30-70 cm.

"Terdapat 130 lobang sumur serapan yang tersebar di enam titik lokasi genangan. Alhamdulillah, hujan deras akhir-akhir ini di wilayah Kelurahan Cempaka Putih di enam titik rawan genangan sudah tidak ada lagi, karena begitu terjadi genangan dalam satu jam genangan air tersebut langsung surut," ujarnya, Jumat (24/12/2021).



Ketua RW 06 Lukman Sarah juga mengakui program sumur resapan cukup efektif mengatasi genangan cepat surut. "Alhamdulillah, dengan adanya sumur resapan sekarang wilayah kami genangan airnya langsung surut. Warga kami sangat senang dan mengucapkan banyak terima kasih kepada gubernur yang telah mengupayakan mengatasi genangan air di kala hujan lebat," kata Lukman.

Sumur resapan yang dibangun Sudin SDA berkedalaman2-3 meter. Di bawahnya terdapat pipa masuk ke dalam sekitar 20-22 meter. Ini yang menyebabkan genangan air di lingkungan RW 06 langsung terserap mengalir ke sumur resapan.

“Adanya sumur serapan sangat membantu sekali dalam penanganan genangan. Kami berterima kasih sekali kepada gubernur DKI Jakarta yang telah peduli terhadap warga sehingga sekarang rumah warga tidak ada lagi,“ ucapnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)