Transformasikan Balap Liar, Irjen Fadil Imran Ingin Anak Muda Tampil di Moto GP

Rabu, 22 Desember 2021 - 16:52 WIB
loading...
Transformasikan Balap Liar, Irjen Fadil Imran Ingin Anak Muda Tampil di Moto GP
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran siap menyelenggarakan balapan berkonsep street race di awal tahun 2022. Rencana balapan ini didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan akan digelar di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Fadil mengatakan, wacana fasilitas street race di Jakarta sebagai upaya menyalurkan ruang ekspresi anak muda di Jakarta. Dengan begitu, konsep street race akan mengubah fenomena balap liar bisa bertransformasi menjadi hal yang bermanfaat.
Baca juga: Wadahi Balapan Liar, Polda Metro dan IMI Gelar Drag Race di Ancol

"Kalau kita bangun ekosistemnya, transformasi dari pembalap jalanan yang sering dikonotasikan negatif pasti berubah. Ini bisa kita perbaiki bila ada program di sana bagaimana memfasilitasi pembalap yang benar," ujar Fadil dalam diskusi street race bersama komunitas pembalap motor liar di Polda Metro Jaya, Rabu (22/12/2021).

Mantan Kapolda Jawa Timur itu mengungkapkan apabila hobi balap itu disalurkan pada jalur yang benar, bukan tidak mungkin tim MotoGP akan melirik kemampuan pembalap liar ini. Dia yakin jika ajang street race yang diusungnya mampu menarik perhatian tim besar Moto GP.

"Saya kira Honda Racing Team, Yamaha Racing Team bisa intip mana yang berbakat. Nanti bisa disekolahkan itu," ungkap Fadil.
Baca juga: Curhat Kapolda Metro, 21 Tahun Silam saat Jabat Kapolsek Tanah Abang Dipusingkan Balap Liar

Melalui street race yang dicanangkan Polda Metro Jaya, dia berharap masalah kriminalitas yang timbul akibat balap liar bisa diminimalisir. Sebab, melalui ajang street race ini akan tercipta rasa kebersamaan untuk mengurai dampak negatif yang kerap ditimbulkan akibat nalap liar.

"Kita bangun energi kebersamaan yang selama ini negatif, suka tawuran, tantangan di IG, dari ajang ini bisa timbul rasa persaudaraan. Ini semua bisa dikerjakan dan berhasil maksimal kalau kita bergerak bersama karena cinta sesama," ujar Fadil.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)