Antisipasi Napi Kabur, Lapas Bekasi Pasang Sensor Pendeteksi Gerak

Selasa, 14 Desember 2021 - 17:19 WIB
loading...
Antisipasi Napi Kabur, Lapas Bekasi Pasang Sensor Pendeteksi Gerak
Lapas Kelas II A Bekasi memasang peralatan keamanan baru untuk mencegah narapidana melarikan diri. Foto/MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
BEKASI - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Bekasi memasang sejumlah peralatan keamanan baru yakni infrared (inframerah) dalam menghindari kaburnya narapidana. Inframerah nantinya akan mendeteksi pergerakan manusia.

Kepala Lapas Kelas II A Kota Bekasi Hensah mengatakan, sensor inframerah diletakan pada titik-titik yang dianggap rawan. Selain itu, sensor tersebut juga diletakan pada tembok-tembok luar kawasan lapas.

”Ini jangan sampai kejadian-kejadian pelarian. Jangan sampai narapidana kabur melalui tempat-tempat tersebut,” kata Hensah,Selasa (14/12/2021).

”Itu tujuan utama kita (cegah napi kabur), jadi sensor itu mendeteksi pergerakan,” sambungnya.

Hensah menuturkan alat tersebut hanya sebagai pembantu para petugas. Sebab, jajarannya juga selalu melakukan kontrol rutin untuk mengantisipasi adanya penjebolan tembok.

”Untuk mengantisipasi seperti itu (penjembolan tembok), kita melakukan kontrol rutin juga. Selain dibantu dengan alat-alat ini, kontrol manual juga harus dan wajib dilakukan.” tutupnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)