Asal Usul Kebayoran, dari Penimbunan Kayu hingga Jadi Kawasan Elite di Jakarta

Senin, 06 Desember 2021 - 05:09 WIB
loading...
A A A
Kebayoran Lama ini membentang dari Pertigaan Rawa Belong, Kemandoran, Palmerah hingga di selatan yakni Pasar Jumat, Ciputat, dan Lebak Bulus. Wilayah ini terdapat sejumlah mal mulai dari ITC Permata Hijau, hinggaPondok Indah Mall. Wilayah yang masih rindang terutama di sepanjang Jalan Raya Kebayoran Lama menjadikan tempat ini cukup asri dan masih hijau guna menyegarkan mata.

Asal Usul Kebayoran, dari Penimbunan Kayu hingga Jadi Kawasan Elite di Jakarta

Pondok Indah Mall yang berada di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan: Foto: SINDOnews/Dzikry Subhanie

Wilayah elite Permata Hijau dipenuhi sejumlahreal estate, perumahan, apartemen, dan kondominium tingkat atas. Di sebelah selatan,Pondok Indahmemiliki sejumlah perumahan yang masih hijau di sepanjang Jalan Metro Pondok Indah. Apartemen dan kondominium mewah juga tidak luput dari tempat ini.

Di daerah Kebayoran Lama juga terdapat Pasar Kebayoran Lama dan Stasiun Kebayoran. Stasiun Kebayoran merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di areal dekat Pasar Kebayoran Lama. Stasiun ini hanya melayani perjalanan KRL Commuter Line.

Sedangkan, Kebayoran Baru sebagian besar merupakan daerah permukiman, meskipun beberapa bagian juga merupakan daerah pertokoan seperti Blok M dan pusat bisnis Sudirman Center Business District (SCBD).Bursa Efek Indonesia(BEI) berlokasi di sini.

Asal Usul Kebayoran, dari Penimbunan Kayu hingga Jadi Kawasan Elite di Jakarta

Pusat perbelanjaan Blok M yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Foto: SINDOnews/Dzikry Subhanie

Di Kecamatan Kebayoran Baru berdiri gedungWali KotaJakarta Selatan, Markas Kepolisian Resor Jakarta Selatan, gedungKejaksaan AgungRepublik Indonesia, dan juga gedung Sekretariat JenderalASEAN. Kebayoran Baru memiliki satu terminal bus yakni terminal Blok M.
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)