Lolos Pemeriksaan SIKM, 12 Pekerja Konveksi Jalani Isolasi Mandiri

Minggu, 07 Juni 2020 - 17:15 WIB
loading...
Lolos Pemeriksaan SIKM, 12 Pekerja Konveksi Jalani Isolasi Mandiri
Sebanyak 12 pekerja konveksi di Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Mereka lolos dari pemeriksaan SIKM Jakarta. Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Sebanyak 12 pekerja konveksi di Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Mereka dikurung setelah lolos dari pemeriksaan cek poin di perbatasan Jakarta.

Saat mereka datang ke Tambora, mereka diketahui tak membawa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang menjadi syarat masuk Jakarta.

“Mereka datang dari luar Jakarta seperti Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Karena tidak ada SIKM makanya kita minta isolasi mandiri 14 hari," ujar Lurah Kalianyar Daniel Azka Alfarobi, Minggu (7/6/2020). (Baca juga: Ini Rincian Protokol New Normal di Lingkungan Bandara)

Pihaknya aktif mengawasi pendatang maupun pengawas dari luar Jakarta sejak Rabu (3/6/2020). Karena itu, selain berpatroli wilayah, mereka yang kedapatan dari luar kota dipaksa melakukan isolasi mandiri.

Termasuk 12 pekerja konveksi itu. Selama menjalani isolasi mandiri, mereka dilarang keluar rumah. "Mereka juga kami data untuk kami berikan ke Puskesmas agar dapat dilakukan monitoring kesehatannya," kata Daniel.

Meski demikian, dia tak mengetahui kapan mereka akan di rapid test atau swab test. Kepastian tes ditentukan oleh puskesmas. (Baca juga: Kebijakan Transportasi Higienis dan Humanis Saat New Normal Disiapkan)

Sementara itu, selama menjalani isolasi mandiri, pihak kelurahan tidak menanggung kebutuhan pokok para pendatang tersebut baik soal makan dan minum maupun kebutuhan pokok lainnya.

Hal ini merujuk pada Pergub Nomor 47 Tahun 2020 Pasal 14 ayat 5 yang menyatakan pembiayaan atas kebutuhan pokok selama karantina sebagaimana dimaksud pada ayat 4 berupa makan, minum dan kebutuhan dasar lainnya ditanggung oleh pendatang.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)