Bangun Polder Artha Gading, Kawasan Kelapa Gading Akan Bebas Banjir Tahun 2022

Jum'at, 26 November 2021 - 07:14 WIB
Bangun Polder Artha Gading, Kawasan Kelapa Gading Akan Bebas Banjir Tahun 2022
Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta akan memulai pembangunan polder Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Polder diyakini akan membuat Kawasan Kelapa Gading terbebas dari banjir.Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta akan memulai pembangunan polder Artha Gading di Jalan Bulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara . Keberadaan polder ini diyakini akan membuat kawasan Kelapa Gading akan terbebas dari banjir pada akhir tahun 2022.

Kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara, Yusrid Suryanegara mengatakan, polder Artha Gading termasuk dalam program prioritas Dinas SDA DKI Jakarta dalam penanganan banjir di kawasan Kelapa Gading dan sekitarnya.

“Dengan terbangunnya polder ini juga diharapkan ke depannya kawasan Kelapa Gading dan sekitarnya terbebas dari banjir. Mungkin nanti sifatnya hanya genangan yang dalam tiga sampai empat jam bisa teratasi,” kata Yusrid saat ditemui di Kelapa Gading, Kamis, 25 November 2021.

Menurut Yusrid, polder Artha Gading ini berada di Kali Sunter yang dibangun pada area seluas 70 hektare dan ditargetkan mulai beroperasi pada November 2022 mendatang. Baca: Jalan Raya di Depan Perumahan Bumi Nasio Banjir, Arus Lalu Lintas Terhambat



Polder inipun merupakan sistem pengendali banjir yang diisi dengan berbagai kelengkapan sarana dan prasarana mulai dari dua rumah pompa berkapasitas 7 meter kubik per detik, sheet pile Kali Sunter dan Kali Gendong segmen Artha Gading, sistem pintu air di lima titik hingga ke Kali Betik, Kelurahan Pegangsaan Dua.

Dalam pembangunan sheet pile Kali Sunter dan Kali Gendong segmen Artha Gading yang tujuannya memperbesar daya tampung air saat terjadi hujan lokal maupun air kiriman dari hulu. “Pembangunan ini satu paket terbangun semua. Tiga belas bulan kontraknya dan diharapkan pengerjaannya bisa dipercepat,” ucapnya.
(hab)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1342 seconds (10.177#12.26)