5 Kisah Mistis di Kepulauan Seribu, Nomor 3 Penampakan Maria van de Velde di Pulau Onrust

Sabtu, 27 November 2021 - 05:00 WIB
loading...
5 Kisah Mistis di Kepulauan Seribu, Nomor 3 Penampakan Maria van de Velde di Pulau Onrust
Pohon tua yang menyimpan misteri di Kepulauan Seribu. Foto: Pulauseribu.co.id
A A A
JAKARTA - Kisah mistis di Kepulauan Seribu menyimpan sejumlah cerita di balik keindahan alamnya. Mulai dari mitos burung Gagak membawa anak kecil, tawanan bajak laut yang dipanggang hingga kematian noni Belanda.

Dikutip dari pulauseribu.co.id, berikut 5 kisah mistis di Kepulauan Seribu yang berhasil dihimpun pada Sabtu (27/11/2021):
Baca juga: 6 Tempat Wisata Bahari di Kepulauan Seribu yang Keren Habis

1. Anak Kecil Hilang di Pulau Pari
Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari konon memiliki kisah mistis. Ada cerita anak perempuan berusia 4 tahun bermain sendirian di pantai kemudian hilang dan tidak pernah kembali. Menurut mitos yang beredar, hilangnya gadis kecil ini disebabkan burung Gagak yang mengerubunginya. Versi lain mengatakan hilangnya bocah ini karena dibawa makhlus halus.

2. Penampungan Pasien Lepra di Pulau Bidadari
Pulau Bidadari disebut-sebut sempat dijadikan rumah sakit sekaligus tempat penampungan bagi pasien penyakit menular yakni Lepra. Akibatnya, ada yang menyebut Pulau Bidadari sebagai Pulau Sakit.
Walaupun ada mistis di Pulau Bidadari seperti keberadaan pohon tua, namun pohon itu malah dipercaya membawa banyak rezeki dan jodoh untuk setiap orang yang mengambil foto hingga menyirami pohon tersebut.
5 Kisah Mistis di Kepulauan Seribu, Nomor 3 Penampakan Maria van de Velde di Pulau Onrust

Pulau Bidadari. Foto: Pulauseributraveling.com

3. Tawanan Bajak Laut Dipanggang
Dinamakan Pulau Panggang lantaran pulau ini menyimpan cerita tawanan bajak laut yang membangkang dan tidak taat aturan dieksekusi dengan cara dipanggang. Mereka memanggang tawanan sekaligus kapal-kapal rampasan di Karang Gosong dekat Pulau Panggang. Karena ini beredar isu bahwa warga yang sedang dalam kondisi marah hanya akan berputar-putar saja di pulau itu tanpa disadari.
Baca juga: 2022, DKI Diminta Prioritaskan Revitalisasi 3 Pelabuhan di Kepulauan Seribu

4. Penampakan Maria van de Velde di Pulau Onrust
Pulau Onrust menjadi salah satu pulau dengan lokasi terdekat di Kepulauan Seribu lewat Pelabuhan Muara Angke. Di pulau ini terdapat banyak peninggalan VOC hingga beredar cerita mistis Maria van de Velde. Sosok Maria perempuan Belanda ini kerap menampakkan diri di Pulau Onrust dengan memakai gaun pengantin sembari menunggu kekasihnya. Konon kematian Maria disebabkan penyakit pes.

5. Arwah Panglima Hitam di Pulau Tidung
Pulau Tidung yang memiliki kisah mistis berada pada kawasan Tidung Kecil di mana dari beberapa cerita masyarakat di sana menyebutkan ada seseorang yang hilang dan tidak pernah ditemukan lagi. Kepergian sosok ini juga karena ingin memenuhi keingintahuannya mengenai Pulau Tidung.

Versi lain mengatakan dinamakan Pulau Tidung karena kematian Panglima Hitam yang berasal dari Suku Tidung. Saat itu, untuk melawan pasukan Belanda, Panglima Hitam menjadi pemimpin pasukannya namun sayang mengalami kekalahan kemudian bersembunyi di Pulau Tidung hingga ajal menjemputnya. Panglima Hitam dimakamkan di pulau ini.

Untuk bisa sampai ke Pulau Tidung Kecil harus melewati jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan ini dinamakan Jembatan Cinta. Banyak yang meyakini Jembatan Cinta mampu menjadikan pasangan kekasih mempunyai hubungan langgeng dan harmonis. Caranya dengan menyeberangi jembatan ini dari ujung ke ujung tanpa merasa takut atau ingin kembali ke belakang.

MG08-Lorenza Ferary
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)