Polisi Tegaskan Uji Coba Ganjil Genap di Margonda hanya untuk Roda 4

Rabu, 24 November 2021 - 19:16 WIB
loading...
Polisi Tegaskan Uji Coba Ganjil Genap di Margonda hanya untuk Roda 4
Anggota polisi tengah melakukan pengawasan terhadap pelanggar di kawasan lokasi ganjil genap. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
DEPOK - Awal Desember 2021 akan diterapkan uji coba ganjil genap (gage) di Jalan Margonda, Kota Depok , pada akhir pekan. Tujuannya untuk mengurangi kemacetan di jalur Margonda.

“Saat ini jalan yang ada dengan jumlah kapasitas jalan sudah melewati batas. Pada hari Sabtu dan Minggu itu sering terjadi kemacetan maka langkah yang kami ambil, Polres Depok, khususnya Satlantas melakukan uji coba pelaksanaan ganjl genap, rencana pelaksanaan itu pada tanggal 4. Namun pada hari ini mulai sosialisasi kepada masyarkat,” kata Kasatlantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra, Rabu (24/11/2021).

Dalam uji coba nanti hanya kendaraan roda empat yang akan menjadi sasaran. Sedangkan untuk kendaraan roda dua masih bisa melintas. Pemberlakuanya mulai dari jam 12.00-18.00 WIB.

“Kemudian kita juga membebaskan untuk kendaraan darurat, ambulans, dan kendaraan umum, itu kita bisa bebaskan. Roda dua masih bisa melintasi. Kita imbau kepada pengendara roda empat, ketika tanggalnya, genap itu genap, untuk ganjil itu ganjil,” terangnya.



Selanjutnya akan dilakukan monitoring dan evaluasi dari uji coba tersebut. Kalau dirasa tidak ada hambatan, Polres Depok bersama Dinas Perhubungan akan menentukan waktu penerapan kebijakan ini.

“Kita masih tahap sosialisasi, kita lihat kegiatan ini di lapangan dan kemudian kita lakukan analisa dan evaluasi untuk melihat apakah ganjil dan genap ini dapat mengurai kemacetan di daerah Margonda. Kita mengacu kepada Inmendagri Nomor 47 Tahun 2021 Terkait dengan Pemberlakuan PPKM level 1, 2,3, dan 4,” pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)