Mutu Air Tembus Level 2, GCB Luncurkan Ekowisata dan Eduwisata di Sungai Ciliwung

Sabtu, 13 November 2021 - 19:45 WIB
loading...
A A A
Ketua Sahabat Sungai Depok Dayat menambahkan bahwa setiap hari mereka memberikan edukasi tentang water rescue dan menyajikan wisata rafting outbond dan susur sungai agar masyarakat lebih peduli kepada Sungai Ciliwung.

Di Lenteng Agung, KPC menyajikan kegiatan susur sungai dengan suasana taman sehingga para pengunjung dari titik awal hingga akhir dapat menikmati pemandangan taman-taman yang bagus dan indah. "Tidak hanya itu, mereka juga bisa belajar tentang kerajinan tangan dan berbagai produk inovatif, seperti eco print dan produk kreatif lainnya," ucap Ketua KPC Lenteng Agung Sarmili.

Sedangkan di Bogor, KPC setiap minggu melakukan aktivitas membersihkan sampah di sungai. Hal ini sebagai bagian dari edukasi dan ajakan supaya banyak pemuda yang ikut terjun membantu membersihkan sampah di sungai. Ada juga titik menarik dan bagus seperti di titik Delta yang masih sangat natural.

”Dengan aktivitas rutin yang dilakukan secara konsisten, kami berharap banyak anggota dari berbagai komunitas mulai dari komunitas Gowes hingga public figure atauartis turut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sampah sungai. Sehingga pelestarian Sungai Ciliwung bisa lebih cepat membuahkan hasil,” ujar Ketua KPC Bogor Soeparno.

Head of CSR PT Indofood Sukses Makmur Tbk Deni Puspahadi menyatakan, dukungan perusahaan dalam menjaga dan melestarikan Sungai Ciliwung salah satunya dengan mendaur ulang kemasan plastik menjadi paving block.

Direktur Utama Indonesia Power Ihsan Sidqi membeberkan bahwa TOSS GCB adalah salah satu solusi dalam penanganan sampah sungai. Melalui program ini sampah sungai diolah menjadi batu bara nabati, yang hasilnya bisa dimanfaatkan oleh Indonesia Power sebagai bahan bakar di beberapa PLTU mereka.

Sementara Direktur Utama PAM Jaya Bambang Hernowo menyampaikan, dengan membaiknya kualitas air sungai ciliwung, maka PAM Jaya akan kembali membuka sebanyak 6.000 instalasi sambungan yang sumber air bakunya berasal dari sungai Ciliwung.

“Kami berharap, Ekowisata dan Eduwisata Sungai Ciliwung dapat mengubah paradigma menjadikan sungai sebagai potensi untuk kehidupan dan penghidupan,” tutupnya.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2220 seconds (0.1#10.140)