Eki Pitung Ingin Anies Tiru Spirit Perjuangan MH Thamrin

Rabu, 10 November 2021 - 17:04 WIB
loading...
Eki Pitung Ingin Anies Tiru Spirit Perjuangan MH Thamrin
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Bamus Betawi saat melakukan doa bersama dan tabur bunga di Makam MH Thamrin TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang pahlawan asal Betawi Mohammad Husni Thamrin dalam peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Rabu (10/11/2021).

Menurut dia, MH Thamrin merupakan pahlawan yang mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan masyarakat Betawi. "Muhammad Husni Thamrin seorang pahlawan asal Betawi yang hidupnya dihibahkan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Betawi di masa itu dan untuk ikhtiar Indonesia merdeka," ujar Anies seusai memimpin Apel Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (10/11/2021).
Baca juga: Anies: Ijtima Ulama Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Nama MH Thamrin sekarang diabadikan menjadi salah satu nama jalan di pusat Kota Jakarta. Anies pun mengajak masyarakat agar meneladani semangat MH Thamrin dan juga para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia Merdeka. Saat melakukan doa bersama dan tabur bunga di makam MH Thamrin di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Anies didampingi sejumlah tokoh Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Ketua Pelaksana Hari Pahlawan Nasional 10 November di Makam MH Thamrin Jakarta, M Rifky alias Eki Pitung berharap Anies bisa meniru spirit perjuangan MH Thamrin. Menurutnya, Pahlawan Nasional MH Thamrin merupakan tokoh Betawi sejak pra kemerdekaan yang sangat mencintai rakyat dan membangun Indonesia dengan aspirasi keinginan dan perasaan rakyat.

"Semoga MH Thamrin menginspirasi Pak Anies untuk mewujudkan Maju Kotanya Bahagia Warganya," kata Eki yang juga Wakil Ketua Umum Bamus Betawi ini.
Baca juga: Anies: Semua Pihak yang Terlibat Penanganan Covid-19 adalah Pahlawan

Eki menuturkan peringatan Hari Pahlawan dapat menjadi pemantik dan spirit bagi seluruh rakyat bahwa perjuangan yang besar akan menghasilkan yang besar dan terhormat. "Karena didasari sebuah keihklasan dan pengabdian pada bangsa, agama dan negara," ucapnya.

Saat melakukan doa bersama dan tabur bunga di Makam MH Thamrin TPU Karet Bivak tampak hadir Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, Ketua Majelis Adat Bamus Betawi Nuri Taher, KH Mahfud Asyirun, Anggota DPRD DKI Jakarta Riano P Ahmad, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Syamsul Zakaria, Ketua Laskar Adat Betawi Damin Sada, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Camat Tanah Abang dan pimpinan ormas Bamus Betawi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1027 seconds (0.1#10.140)