Diminta Tak Gegabah Tilang Uji Emisi, Polda Metro: Kedepankan Pemahaman Masyarakat

Senin, 08 November 2021 - 18:36 WIB
loading...
Diminta Tak Gegabah Tilang Uji Emisi, Polda Metro: Kedepankan Pemahaman Masyarakat
Polda Metro Jaya meminta Pemprov DKI tidak terburu-buru dalam menerapkan tindakan tilang bagi masyarakat yang belum melakukan uji emisi pada kendaraannya. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meminta agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak terburu-buru dalam menerapkan tindakan tilang bagi masyarakat yang belum melakukan uji emisi pada kendaraannya. Penegakan hukum pada pelanggar kendaraan harus memastikan fasilitas dan pemahaman masyarakat.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan, sanksi tilang bagi kendaraan harus terlebih dahulu mempertimbangkan jumlah kendaraan yang sudah lolos uji emisi. Kemudian kebijakan tersebut juga harus mengedepankan pemahaman masyarakat.

"Jadi kami berdiri lihatnya sebagai edukasi penegakan hukum. Kalau kami lakukan penindakan hukum masyarakat akan antipati, dia akan lihat kebijakan bukan untuk budaya lebih baik. Tapi jadi lihat harus bayar susah dan sebagainya," kata Argo saat dihubungi, Senin (8/11/2021).

Dia menilai, pertimbangan uji emisi tidak lain untuk memperbaiki kodisi lingkungan di Ibu Kota. Penekanan seharusnya dilakukan pada pemahaman masyarakat.



"Tujuan akhir kan bentuk kesadaran masyarakat DKI agar mau membuat biru langit Jakarta. Jadi tilang jangan jadi alat untuk takut-takutin tapi harus edukasi pemahaman baik di masyarakat," katanya.

Rencana penerapan sanksi tilang pada Januari 2022, kata Argo, tidak akan berjalan efektif jika jumlah kendaraan yang lolos uji emisi di wilayah DKI Jakarta masih rendah. Pemprov juga diminta terlebih dahulu meningkatkan sekaligus memperbanyak fasilitas uji emisi kendaraan.

"Penambahan fasilitas uji emisi atau hanya di Dinas Lingkungan Hidup. Sementara kalau tempat uji masih terbatas, mobil ada belasan juta sehari, bisa berapa banyak yang uji? Apa personel mampu?" tanya Argo. Baca juga: Kejar Target Uji Emisi, Dinas LHK DKI Gandeng 250 Bengkel
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)