Anies Baswedan Terima Gelar Kehormatan Tokoh Betawi: Amanat yang Harus Dijaga

Minggu, 31 Oktober 2021 - 13:39 WIB
loading...
Anies Baswedan Terima Gelar Kehormatan Tokoh Betawi: Amanat yang Harus Dijaga
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima Gelar Kehormatan Tokoh Betawi bersama 10 tokoh lainnya. MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima Gelar Kehormatan Tokoh Betawi bersama 10 tokoh lainnya. Penyerahan gelar tersebut dilaksanakan secara seremonial dalam rangkaian kegiatan Silaturahmi, Pelantikan Antarwaktu Pengurus Majelis Adat Badan Musyawarah (BAMUS) Betawi Periode 2021 - 2023 dan Penganugerahan Gelar Kehormatan Majelis Adat Badan Musyawarah Betawi di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (31/10/2021).

“Izinkan kami menyampaikan apresiasi atas gelar kehormatan yang diberikan, kami pandang ini (Gelar Kehormatan) sebagai sebuah amanat yang harus kita jaga sebaik-baiknya,” ucap Gubernur Anies dalam keterangan resminya, Minggu (31/10/2021). (Baca juga; Dianggap Berjasa, Hari Ini Anies Baswedan Terima Gelar Kehormatan dari Bamus Betawi )

Tak lupa, Anies juga memberikan selamat kepada para Majelis Adat BAMUS Betawi. Menurut dia, Majelis Adat akan berperan dalam pengembangan budaya Betawi, mengingat perubahan pasca pandemi menyebabkan interaksi masyarakat juga banyak berubah.

“Kami juga mengucapkan selamat kepada para pengurus majelis adat Bamus Betawi, majelis ini yang nantinya menjaga, menopang perjalanan budaya yang sudah punya record panjang. Karena itu menjadi anggota Majelis Adat merupakan amanat yang besar,” katanya.

Mantan Mendikbud itu juga memberikan apresiasi untuk masyarakat Betawi karena telah menjadi fasilitator bagi tumbuhnya ke-Indonesiaan. Menurut dia, masyarakat Betawi juga menciptakan ekosistem bagi masyarakat di seluruh Indonesia untuk bersatu. (Baca juga; Lepas Atlet Paralimpik DKI, Anies: Mereka Contoh Pribadi-pribadi Tangguh )

“Di sini (Jakarta) ada tuan rumah yang menjadi simpul persatuan dan itu adalah masyarakat Betawi. Masyarakat Betawi menciptakan ekosistem bagi seluruh anak bangsa untuk bersatu, masyarakat Betawi adalah fasilitator yang berkontribusi amat besar untuk Indonesia. Karena itu simpul ini harus terus dijaga,” tutup Anies.

Untuk diketahui Gelar Kehormatan Tokoh Betawi merupakan bentuk penghormatan bagi tokoh yang berjasa bagi kemajuan masyarakat hukum adat Betawi dan peradaban Kota Jakarta. Hal ini juga tertuang pada Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 mengenai kedudukan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi.

Selain Gubernur Anies, sejumlah tokoh berpengaruh yang mendapat penghargaan di antaranya, Mayjen TNI (Purn) Dr (HC) H Eddie Marzuki Nalapraya, Letjen TNI (Purn) Dr (HC) H Sutiyoso, Dr Ing H Fauzi Bowo, H Prasetyo Edi Marsudi SH, Prof Dr KH Syukron Ma'mun BA, H Abraham Lunggana SH, H Mohamad Taufik, Prof Dr Hj Sylviana Murni SH MSi, Merry Hotma SH dan H Chaeruddin.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)