Anies Dorong Koperasi Kelola Perekonomian di Kampung Susun

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 01:03 WIB
loading...
Anies Dorong Koperasi Kelola Perekonomian di Kampung Susun
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik penyegaran di tubuh Dekopin dalam Rapimnas Tahun 2021. Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik penyegaran di tubuh Dewan Koperasi Indonesia ( Dekopin ) dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Tahun 2021. Khususnya, untuk pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi .

"Kita ucapkan selamat atas kepengurusan yang baru saja dilantik dan dikukuhkan untuk periode 2019-2024. Insya Allah sukses dalam menjalankan amanatnya. Dan kita berharap nanti proses recovery ekonomi tumbuh cepat, dan koperasi tumbuh lebih cepat lagi, selepas masa pandemi ini," ujar Anies di Hotel Century Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 22Oktober 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga menilai peran Dekopin dalam mengembangkan fungsi koperasi sangat vital. Terutama untuk kawasan perdesaan (rural) yang mempunyai kegiatan utama pertanian, termasuk pengelolaan sumber kekuatan alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman pedesaan.

"Sementara kami di Jakarta, sedang mendorong koperasi untuk mengelola dan mengatur kegiatan perekonomian yang ada di setiap Kampung Susun di Jakarta. Hal ini karena biasanya koperasi dianggap sukses di daerah rural, maka di daerah perkotaan ini akan kita lakukan contoh bahwa koperasi juga punya peran di Jakarta," kata Anies.

Anies menjelaskan, koperasi di setiap Kampung Susun tersebut anggotanya akan terdiri dari seluruh penghuni. Hal ini bisa dicontohkan dengan keberadaan Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri, di mana mereka diberi kepercayaan dalam urusan pengelolaan secara penuh.

"Intinya, bangunannya tetap milik Pemprov DKI, tapi kami tidak berurusan dengan masing-masing rumah. Kami hanya berurusan dengan koperasi yang anggotanya seluruh penghuni rumah susun," tutur Anies.

Koperasi, kata Anies, yang mengambil kebijakan di rusun untuk menentukan iuran listrik dan lainnya.

"Hal ini karena mereka yang mengurus semuanya, dari memastikan iuran soal listrik, kebersihan, air bersih dan lainnya. Sehingga mereka hidup sebagai komunitas, dan itulah contoh nyata bahwa koperasi bisa berperan penting di kawasan urban," pungkasya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1678 seconds (0.1#10.140)