Limbah Dibuang ke Sungai Cisadane, Diduga dari Pengepul Plastik Bekas

Senin, 04 Oktober 2021 - 17:07 WIB
loading...
Limbah Dibuang ke Sungai Cisadane, Diduga dari Pengepul Plastik Bekas
Limbah pengolahan plastik dibuang ke Sungai Cisadane. Warga menemukan limbah tersebut dibuang dekat jembatan rel antara Stasiun Cisauk dan Serpong. Foto: Dok SINDOnews
A A A
TANGERANG SELATAN - Limbah pengolahan plastik dibuang ke Sungai Cisadane . Warga menemukan limbah tersebut dibuang dekat jembatan rel kereta api antara Stasiun Cisauk dan Serpong.

Dalam video yang diterima SINDOnews tampak limbah berwarna merah dibuang dari saluran air. Beberapa orang yang sedang memancing kaget dengan limbah tersebut. "Pencemaran Kali Cisadane. Tolong pemerintah setempat diperhatikan. Nih ya dari pabrik pengolahan plastik membuang limbah," ujar seseorang dalam video itu, Senin (4/10/2012).
Baca juga: 6 TPS Liar di Bantaran Sungai Cisadane Dilibas Pemkot Tangerang

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan (Tangsel) Budi mengatakan, pihaknya bersama Satpol PP Tangsel telah turun langsung memeriksa lokasi. "Diduga pembuangan limbah cair ke aliran Sungai Cisadane berasal dari pengepul plastik bekas," ungkapnya.

Kasus limbah ini ditangani Polres Tangsel. Sejumlah petugas terjun ke lokasi melakukan pengecekan ke tempat pengolahan limbah plastik.
Baca juga: 5 TPA Liar di Kota Tangerang Cemari Sungai Cisadane, Aktivis Lingkungan Surati Wali Kota

Aktivis lingkungan dari Banksasuci Foundation Ade Yunus mengatakan, limbah cair merah yang dibuang dari pengolahan plastik ke Sungai Cisadane sangat berbahaya. "Ikan dan biota air akan mati. Hal ini disebabkan kadar BOD dan COD yang masih tinggi sehingga partikel limbah akan mengikat sumber oksigen yang ada pada sungai," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)