Rhino lndonesia dan Sudin PPKUKM DKI Gelar Pelatihan Bisnis Sablon Digital bagi UMKM

Minggu, 03 Oktober 2021 - 16:01 WIB
loading...
Rhino lndonesia dan Sudin PPKUKM DKI Gelar Pelatihan Bisnis Sablon Digital bagi UMKM
Rhino lndonesia menjalin kolaborasi dengan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) DKI Jakarta. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Rhino lndonesia menjalin kolaborasi dengan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) DKI Jakarta. Kolaborasi ini bertujuan menciptakan keterampilan kewirausahawan dan menambah wawasan peluang usaha dalam dunia industri kreatif, khususnya di bidang sablon digital.

Vice President Rhino lndonesia Timotius Aditya mengatakan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif sablon digital terdepan di Indonesia, sudah menjadi misi Rhino Indonesia membangun serta mengedukasi masyarakat dalam menciptakan peluang usaha baru di bidang industri kreatif digital printing. Untuk memenuhi misi tersebut, sejak awal Rhino lndonesia berkomitmen mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia.



Hal ini untuk mendorong semangat berwirausaha dengan menghasilkan produk kreatif yang bernilai jual. "Salah satunya berkolaborasi dengan Dinas PPKUKM DKI Jakarta untuk melakukan pelatihan kepada pelaku UKM di bawah naungan Sudin PPKUKM DKI Jakarta” ujar Timotius Aditya, dalam keterangannya diterima Minggu (3/10/2021).

Di tengah pandemi saat ini banyak UKM yang terkena dampak. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk bisa membangkitkan minat masyarakat, agar turut serta berkontribusi menciptakan UKM yang mandiri dan bertahan di situasi saat ini. Salah satunya dengan terus menyediakan pelatihan yang berkesinambungan.

"Pelatihan ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2021, dan diselenggarakan di seluruh wilayah DKI Jakarta yang terdiri dari Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu. Untuk yang pertama dilakukan di wilayah Jakarta Pusat, tepatnya di Tempat Kumpul Kreatif (TKK) Johar Baru," kata Plt Kepala Sudin PPKUKM DKI Jakarta Andri Yansyah.

Rhino lndonesia dan Sudin PPKUKM DKI Gelar Pelatihan Bisnis Sablon Digital bagi UMKM


Dalam kegiatan ini, para peserta diberi pelatihan keterampilan tentang bisnis sablon digital, dan gambaran seputar modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini. Pelatihan diawali dengan pengenalan dasar seputar dunia sablon digital. Dilanjutkan sesi demo penggunaan mesin dan bahan baku produksi, serta sesi tanya jawab.

Menurut Timotius, kerja sama dengan Sudin PPKUKM DKI Jakarta bertujuan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dan kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia yang sedang tumbuh dan berkembang di masa pandemi Covid 19. Ia berharap peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk tekun dalam berlatih.

"Kami akan melakukan pelatihan digital ini secara berkala. Ibaratnya kami ini memberikan pancing kepada mereka bukan ikannya. Kalau ikan dalam waktu singkat akan cepat habis. Dengan begitu mereka akan terus berkembang dan berinovasi," katanya.

Timotius menambahkan, Rhino Indonesia yang bergerak di usaha digital printing sejak 2014 mempunyai komitmen tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam bentuk edukasi untuk mendukung pengembangan dan pertumbuhan UMKM. Beberapa di antaranya membuka creative class, now everyone can custom, mom preneur, dan pelatihan lainnya yang dilakukan dengan komunitas serta lembaga pemerintahan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)