Peringatan, Oktober Ada Potensi Pergerakan Tanah di Wilayah DKI Jakarta

Rabu, 29 September 2021 - 07:04 WIB
loading...
Peringatan, Oktober Ada Potensi Pergerakan Tanah di Wilayah DKI Jakarta
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan wilayah potensi terjadi gerakan tanah di wilayah DKI Jakarta pada bulan Oktober 2021. Peringatan dini potensi gerakan tanah di Jakarta. Foto/IG @bpbddkijakarta
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) DKI Jakarta memperingatkan wilayah potensi terjadi pergerakan tanah di wilayah DKI Jakarta pada bulan Oktober 2021. Menurut informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di zona menengah.

"Perkiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG," keterangan BPBD DKI Jakarta melalui akun Instagram @bpbddkijakarta, Rabu (29/9/2021).

Berikut daerah yang berada di zona menengah, yakni wilayah Jakarta Selatan antara lain Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan. Kemudian ada juga Jakarta Timur, antara lain Kramat Jati dan Pasar Rebo. (Baca juga; BPBD DKI Imbau Waspada Cuaca Ekstrem di Jaktim dan Jaksel )

Adapun daerah yang mempunyai potensi menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

"Untuk itu, kepada Lurah, Camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," imbau BPBD DKI Jakarta. (Baca juga; Musim Pancaroba, BPBD DKI Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2350 seconds (0.1#10.140)