Antisipasi Penularan Penyakit dari Hewan, Ratusan Kucing Jantan Jadi Target Sterilisasi

Sabtu, 25 September 2021 - 12:32 WIB
loading...
Antisipasi Penularan Penyakit dari Hewan, Ratusan Kucing Jantan Jadi Target Sterilisasi
Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menargetkan ratusan kucing jantan sebagai target sterilisasi.Foto/Ilustrasi.dok/Istimewa
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menargetkan ratusan kucing jantan sebagai target sterilisasi. Langkah ini dilakukan guna kesejahteraan hewan dan mengurangi risiko penyakit zoonosis.

"Rencananya Senin, 27 September 2021 pekan depan akan digencarkan sterilisasi kucing jantan di Agro Edukasi Wisata Ragunan," ungkap Kasudin KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan A. Sidabalok saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (24/9/2021).

Menurutnya, sterilisasi kucing jantan itu dilakukan untuk kesejahteraan hewan dan risiko penyakit zoonosis atau penularan penyakit dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Selain itu, sterilisasi juga sebagai salah satu upaya mengontrol kepadatan populasi kucing.

"Targetnya sterilisasi kucing jantan di Jakarta Selatan hingga 350 ekor kucing sampai dengan Desember 2021. Tapi, untuk pekan depan kuota sterilisasi terbatas, hanya untuk 100 ekor kucing jantan saja," tuturnya.

Dia menambahkan, sterilisasi juga dapat membantu menghindari risiko penyakit kanker testis. Lalu, untuk menghindari cedera pertengkaran atau perkelahian pada kucing karena kucing jantan memperebutkan kucing betina.

Dia menambahkan, sterilisasi bakal dilakukan bersama komunitas pecinta hewan, klinik, dan dokter hewan. "Sterilisasi ini juga dapat menurunkan risiko penularan penyakit seperti FIV dan rabies," katanya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)