PKS utamakan Sani dalam Pilgub DKI 2012

Sabtu, 24 Desember 2011 - 20:17 WIB
PKS utamakan Sani dalam Pilgub DKI 2012
PKS utamakan Sani dalam Pilgub DKI 2012
A A A
Sindonews.com- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakin, usung kadernya untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2014 mendatang. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta, Triwisaksana dinilai memiliki elektabilitas tinggi berdasarkann hasil survei.

Namun, partai mana yang akan digandeng sebagai mitra koalisi dalam proses pencalonan nanti, pihaknya belum memutuskan. Termasuk, apakah akan maju sebagai partai tunggal seperti mengusung Adang Daradjatun, dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta sebelumnya.

"Kader kita dulu yang diutamakan. Saat ini Pak Sani (Triwisaksana-red) cukup baik popularitasnya dan sudah dibuktikan dengan Survei," ujar Sekjen DPP PKS Anis Matta usai temu kader PKS se-Jatim di Hotel Oval, Jalan Diponegoro, Surabaya, Sabtu (24/12/2011).

Pada kesempatan itu, dikatakan, sikap partainya bisa saja berubah batal mengusung kader internal, ketika kadernya merasa tidak mampu untuk maju sebagai Cagub DKI. Hal ini pun harus didasari alasan yang logis oleh kader yang bersangkutan mengenai ketidaksangggupannya itu.

"Ketua DPW atau Ketua IPW sesuai kebijakan untuk maju Pilgub. Siap tidak siap harus siap karena ini perintah," tegas Wakil Ketua DPR ini.

Pada kesempatan berbeda, Triwisaksana selaku bakal calon yang diunggulkan oleh internal PKS mengaku mulai melakukan komunikasi dengan partai lain. Termasuk partai besar, seperti Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Kita jalin komunikasi politik dengan semua pihak, dengan semua partai. Jadi kemungkinan berkoalisi dengan siapa pun sangat terbuka," ucap pria yang akrab di sapa bang Sani.

Namun, dikatakan Ketua DPW PKS DKI Jakarta ini, komunikasi tersebut belum dilakukan secara intensif. "diprediksikan Februari sebelum pendaftaran kandidat baru mulai akan kelihatan lebih lanjut. Nanti DPP yang akan memutuskan," jelasnya.

Seperti diketahui, selain PKS, Partai Demokrat juga mempunyai calon internal yaitu Nachrowi Ramli. Sementara dari Partai Golkar sudah menjagokan kadernya, Tantowi Yahya meskipun belum diputuskan secara resmi. PDIP sendiri tengah menjaring sejumlah bakal calon lainnya, baik dari internal maupun eksternal. Salah satunya adalah Joko Widodo, Supono dan Ribka Tjiptaning.

Nama lainnya, Fauzi Bowo (Gubernur DKI Jakarta saat ini) dan Prijanto (Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru saja mengundurkan diri). Sementara dari kalangan independen kabarnya ada, Faisal Basri.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4869 seconds (0.1#10.140)