Keren, Akses Masuk Penonton JIS Terhubung dengan Busway, KRL, dan LRT

Sabtu, 11 September 2021 - 22:42 WIB
loading...
Keren, Akses Masuk Penonton JIS Terhubung dengan Busway, KRL, dan LRT
Jakarta International Stadium (JIS) lagi-lagi menawarkan hal berbeda dibanding stadion pada umumnya. Perbedaan itu terletak pada akses masuk penonton ke dalam stadion. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Jakarta International Stadium (JIS) lagi-lagi menawarkan hal berbeda dibanding stadion pada umumnya. Perbedaan itu terletak pada akses masuk penonton ke dalam stadion.

Ya, bila pada stadion lain terdapat beberapa gerbang (gate) sebagai akses penonton menuju bangku di tribun. Di JIS akses tersebut hanya dibagi dua jalur.

Jalur pertama berada di sisi Timur stadion yang disebut sebagai Ramp Timur. Hal yang sama juga ada di bagian Barat stadion.

Ramp Timur akan terhubung tepat di belakang tribun Timur stadion yang berkapasitas 82.000 penonton ini. Begitu pun di tribun Barat yang juga menyatu dengan tribun VIP.

Lalu bagaimana bila penonton yang ingin ke tribun Utara dan Selatan? Mereka tetap harus melalui jalur yang sama, namun mereka akan berbaur lebih dulu di bagian Concourse stadion.

Area Concourse ini terdapat di lantai tiga stadion yang juga berada di ujung Ramp. Bagian ini akan mengitari stadion dengan 360 derajat sehingga penonton di tribun Utara dan Selatan bisa mengaksesnya.

Kelebihan dari dua akses ini adalah terintegrasi langsung dengan fasilitas angkutan umum. Rencananya, di Ramp Timur akan menyatu dengan stasiun KRL hingga LRT, sementara di Ramp Barat menyatu dengan jalur Busway.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau proyek pembangunan JIS pada Sabtu (11/9) siang. Anies yang mengenakan helm proyek warna putih serta rompi keselamatan warna hijau dengan logo JIS meninjau lapangan utama, lapangan latihan dan sejumlah area lain.

Penerapan ini diharapkan agar mengurangi pemakaian kendaraan pribadi bagi penonton untuk menuju stadion ini. Penonton akan lebih mudah jika menggunakan transportasi umum.

"Mengingat program pemerintah untuk membatasi kendaraan pribadi, ditambah lagi ini merupakan stadion dengan kapasitas besar, sehingga lalu lintas sekitar stadion tidak terganggu bila ada pertandingan," ucap Project Manager JIS, Arry Wibowo saat ditemui di lokasi.

Adapun bagi penonton-penonton yang ingin menikmati pertandingan di tribun VIP dan VVIP akan ada jalur khusus tersendiri. Jalur ini berada di lantai paling bawah stadion.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)