Lawan Arah dan Bunyikan Sirene, Ambulans Bodong Menuju Puncak Ditilang Polisi

Sabtu, 11 September 2021 - 11:34 WIB
loading...
Lawan Arah dan Bunyikan Sirene, Ambulans Bodong Menuju Puncak Ditilang Polisi
Satlantas Polres Bogor menilang mobil ambulans bodong menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada Sabtu (11/9/2021) karena melakukan pelanggaran lalu lintas.Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Satlantas Polres Bogor mendapati mobil ambulans bodong menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor pada Sabtu (11/9/2021). Petugas memberikan sanksi tilang dan meminta pengemudi untuk melepas rotator hingga stiker.

Informasi terhimpun, ambulans itu awalnya berjalan melawan arah sambil membunyikan sirine di Simpang Gadog menuju Puncak. Petugas yang melihat memberhentikan mobil tersebut untuk diperiksa.

Setelah diperiksa, ternyata mobil itu adalah kendaraan pribadi yang didandani ambulans. Tak sampai di situ, di dalamnya tidak ada pasien dan minim alat medis serta tidak ada pendamping dari tenaga kesehatan.

Alhasil, petugas melakukan tindakan dengan penilangan terhadap pengendara mobil. Termasuk melepas semua aksesori seperti rotator dan stiker bertuliskan ambulans dari bodi mobil tersebut.

"Tadi dari anggota yang menangani ditemukan ambulans tidak sesuai dengan peruntukannya itu artinya mobil biasa yang didandani mobil ambulans artinya tidak sesuai peruntukan," ungkap Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata kepada MNC Portal di Simpang Gadog, Sabtu (11/9/2021).

Kemudian, dari pemeriksaan bahwa mobil tersebut tidak memenuhi persyaratan sebagai ambulans. Juga mobil itu melanggar rambu-rambu lalu lintas. Baca: Diduga Tertidur di Warung, Wisatawan di Puncak Bogor Ini Harus Bayar Segelas Kopi Rp100 Ribu

Dicky menambahkan, di dalam mobil tersebut juga tidak ada perlengkapan medis memadai. Bahkan, pengemudinya hanya mengenakan kaus dan celana pendek tanpa dilengkapi alat pelindung diri.

"Harusnya ada alat-alat kesehatan di dalamnya, kedua juga ada nakes, tenaga medisnya lah. Tadi hanya kotak P3K sama oksigen saja, sopir celana pendek jadi ditilang sama copot atribut," tegasnya.

Sementara itu, sopir ambulans bodong, Gilang mengaku tidak mengetahui secara pasti asal usul dari mobil yang dikendarainya. Diakuinya, kalau mobil tersebut adalah ambulans swasta yang akan menjemput orang.
"Saya kurang paham ya, cuma bawa saja. Karena mobil ini ada bosnya, mobil ambulans swasta. Mau ke Puncak jemput orang," singkat Gilang.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)