Akses Ditutup Tembok oleh Pengembang, Warga Ciputat Hanya Bisa Lewat Jalan Setapak

loading...
Akses Ditutup Tembok oleh Pengembang, Warga Ciputat Hanya Bisa Lewat Jalan Setapak
Akses Jalan Pelikan, Serua, Ciputat, Tangsel ditutup tembok oleh pengembang perumahan, warga hanya bisa lewat jalan setapak. Foto: MPI/Hambali
TANGERANG SELATAN - Akses Jalan Pelikan, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) ditutup tembok oleh pengembang perumahan , warga hanya bisa lewat jalan setapak. Pemilik proyek tengah menyelesaikan tahap pembangunan 6 rumah di lokasi. Di sisi area proyek dibangun tembok sepanjang 30 meter. Pengerjaannya dimulai pada Jumat 3 September 2021.

Keberadaan tembok itu langsung menutup akses jalan 3 rumah warga di sana. Kini hanya tersedia jalan setapak bagi lalu lalang para penghuni rumah.
Baca juga: Penjualan Pengembang DMA Buktikan bahwa Bisnis Properti Tetap Bergairah

Satpol PP Tangsel mengecek keberadaan proyek perumahan yang menutup akses warga dengan tembok. Dari penyelidikan sementara diketahui jika pengembang ternyata belum memiliki perizinan dari dinas terkait.

"Kami cek ke DPMPTSP diketahui lokasi tersebut belum mengajukan IMB atau IMB-nya belum ada," ujar Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Tangsel Muksin Alfachry, Jumat (10/9/2021).



Pihaknya telah menyurati pemilik proyek untuk datang menjelaskan proses pembangunan perumahan yang masih berjalan. Jika tak bisa menunjukkan surat perizinan, maka proyek di lokasi terancam disegel. "Kita akan minta keterangan secara resmi hari ini dengan menyertai dokumen lengkap. Kemarin suratnya sudah dikirim," katanya.
Baca juga: Insentif PPN Diperpanjang, Pengembang Tancap Gas Pacu Penjualan

Karena tak memiliki IMB, maka pemilik proyek bakal terjerat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2015 Pasal 13E atas perubahan Perda Nomor 5 Tahun 2013 tentang Bangunan Gedung.

Pemilik proyek bernama Novia bersikukuh telah memiliki kelengkapan dokumen perizinan. Namun, saat ditanyakan lebih jauh soal dokumen itu, dia berkelit dan mengaku sedang berada di luar kota. "Ada IMB-nya karena saya masih di daerah jadi belum bisa saya perlihatkan," ujarnya dihubungi terpisah.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top