Makam Ambles di TPU Rorotan, Pemprov DKI Segera Lakukan Perbaikan

Rabu, 01 September 2021 - 11:44 WIB
loading...
Makam Ambles di TPU Rorotan, Pemprov DKI Segera Lakukan Perbaikan
Petugas pemakaman di TPU Rorotan, Jakarta Utara, melakukan pemadatan tanah dan pengecekan secara rutin untuk mengantisipasi lahan makam ambles. SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta bergerak cepat dalam mengantisipasi lahan makam yang ambles di TPU Rorotan, Jakarta Utara. Melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, pemadatan tanah dan pengecekan secara rutin dilakukan untuk mengantisipasi lahan makam ambles.

"Setiap ada yang amblas, dengan segera kami rapikan kembali, langsung dipadatkan dan dibentuk petak makamnya. Yang baru-baru ini terjadi, terdapat 10 petak makam yang ambles di sisi Timur, tapi kondisinya tidak parah dan petugas juga langsung merapikan petak makam tersebut," ungkap Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati, pada Rabu (1/9/2021).

Suzi menambahkan, amblasnya makam seringkali terjadi akibat peti jenazah yang sudah mulai lapuk. Untuk itu, pihaknya akan menambah dan memadatkan tanah di setiap petak makam. (Baca juga; Sejumlah Makam Khusus Covid-19 di TPU Rorotan Cilincing Mendadak Ambles )

Suzi juga menegaskan, meskipun lahan makam adalah bekas rawa, tetapi sudah dilakukan pengurukan dan pemadatan tanah menggunakan alat berat, sehingga potensi amblesnya kecil. (Baca juga; Dibuka Maret 2021, TPU Rorotan Sudah Terisi 6.012 Petak Makam Covid-19 )

"Kami akan terus berupaya mengurangi kemungkinan potensi tanah ambles. Hal ini lumrah terjadi, bukan hanya pada pemakaman khusus COVID-19, tetapi juga pada pemakaman biasa, terutama yang menggunakan peti jenazah. Pengecekan lahan akan selalu rutin kami lakukan," pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2558 seconds (0.1#10.140)