Pemberian Vaksin Pfizer di Kota Tangerang Masih Tahap Uji Coba

Kamis, 26 Agustus 2021 - 20:56 WIB
loading...
Pemberian Vaksin Pfizer di Kota Tangerang Masih Tahap Uji Coba
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. Foto: Dok SINDOnews
A A A
TANGERANG - Pemberian vaksin Covid-19 jenis Pfizer di Kota Tangerang saat ini masih tahap uji coba. Sebelumnya, Pfizer diberikan kepada pemain Persikota Tangerang sebanyak 33 dosis. Padahal, menurut rencana vaksin tersebut akan diberikan kepada ibu hamil dan masyarakat dengan penyakit penyerta atau komorbid.

"Tadi pagi saya koordinasi, makanya kemarin kenapa atlet Persikota karena dia sedikit, kita uji coba, kita bawa dia ke Puskesmas Panunggangan Barat. Sambil Dinkes menyiapkan alatnya di puskesmas karena harus punya cool box khusus," ujar Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, Kamis (26/8/2021).
Baca juga: Pemain Persikota Tangerang Penerima Pertama Vaksin Pfizer

Uji coba ini dilakukan karena hanya vaksin jenis ini yang belum melakukan tahap uji coba di Kota Tangerang. Sementara untuk jenis vaksin yang lain sudah dilakukan sejak lama. "Karena tahap awal. Kemarin ada yang bilang ada atlet yang mau ya silakan aja. Kan Pfizer belum ada ujicobanya. Kalau Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm sudah lama," ucapnya.

Untuk Pfizer, Kota Tangerang mendapatkan jatah 163.800 dosis yang akan dibagi dua untuk penyuntikan pertama dan kedua. Sementara, ibu hamil di Kota Tangerang hanya berjumlah 3.000 orang sehingga nantinya akan dilanjutkan dengan masyarakat umum.
Baca juga: Siapkan 362.000 Dosis Vaksin Pfizer, Pemkot Bekasi Sebar di 280 Titik

"Pemkot memutuskan yang Pfizer boleh buat umum, yang Moderna sekarang juga sudah boleh buat umum. Karena kan ada 80 ribu dosis ya udah yang ada aja dulu supaya bisa dilaksanakan," kata Arief.

Pihaknya tidak membatasi domisili masyarakat yang ingin mendaftar vaksinasi di Kota Tangerang. Sebab, Kota Tangerang masuk ke wilayah aglomerasi di mana saling keterkaitan kasus Covid-19 dengan ibu kota DKI Jakarta.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)