UMB Gelar Pelatihan IT untuk Ratusan Pelajar dan Guru SMA/SMK

Rabu, 11 Agustus 2021 - 15:15 WIB
loading...
UMB Gelar Pelatihan IT untuk Ratusan Pelajar dan Guru SMA/SMK
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekitar 300 pelajar dan guru SMA/SMK di Jakarta mengikuti pelatihan teknologi informatika atau bidang IT yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini melibatkan pelajar dan guru pendamping dari SMAN 16 Jakarta Barat, SMAN 101 Jakarta Barat, dan SMK Muhammadiyah 9 Jakarta Selatan.
Baca juga: Karyawan dan Dosen Dipecat, Jubir Universitas Mercu Buana: Sudah Tidak Ada Masalah

Para pelajar dan guru dilatih untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam penggunaan teknologi informatika selama masa belajar dari rumah secara daring, termasuk tantangan menggunakan internet secara aman.

Dalam pelatihan selama tiga hari itu, para pelajar mendapatkan materi tentang data science dan networking beserta prospek kerjanya ke depan.

“Kami juga melatih mereka gimana caranya berinternet lebih aman, praktik bajakan atau phising yang bisa merusak laptop, virus atau malware, karena banyak link-link berbahaya yang mungkin murid atau guru tidak tahu selama belajar dari rumah," ujar Fauzan Syahlan selaku koordinator lapangan pada kegiatan pengabdian masyarakat HIMTI UMB Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari kampus untuk membagikan ilmu pengetahuan kepada para pelajar SMA/SMK.

Bertema “Mengenal DR.IT Sebagai Solusi Dalam Menghadapi Permasalahan Era Digital”, mahasiswa berharap memberikan pemahaman mengenai teknologi pada masa kini sekaligus membantu para pelajar dan guru dalam menangani permasalahan di bidang IT.

Kegiatan pelatihan IT yang juga berlangsung secara online melalui zoom meeting ini sekaligus menjadi kesempatan untuk memperkenalkan inovasi baru berupa website yang dinamakan DR.IT sebagai hasil karya mahasiswa Teknik Informatika UMB Jakarta.
Baca juga: Belasan Karyawan dan Dosen Universitas Mercu Buana Dipecat

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat Ardantriya Divensa mengatakan, DR.IT merupakan sebuah website yang bergerak pada bidang teknologi yang dikhususkan untuk memperbaiki kendala yang terkait dengan perangkat lunak maupun perangkat keras pada komputer atau laptop.

“Kami segenap mahasiswa Teknik Informatika berharap dengan adanya pengabdian masyarakat ini menawarkan hasil inovasi, kami juga membagikan ilmu dan pengalaman yang bisa membawa siswa-siswi untuk berkontribusi dalam berteknologi di Indonesia ,“ ujarnya,.

Saat ini, kegiatan perkuliahan dan juga pelajaran di sekolah berlangsung secara online akibat pandemi Covid-19. Namun, mahasiswa dan juga pelajar diajak tetap melakukan berbagai inovasi dalam mengatasi berbagai masalah selama masa pandemi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)