Realisasi Bantuan Sosial Pemprov DKI Tertinggi di Indonesia

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 13:31 WIB
loading...
Realisasi Bantuan Sosial Pemprov DKI Tertinggi di Indonesia
Realisasi belanja bantuan sosial (Bansos) Pemprov DKI Jakarta menjadi yang tertinggi se-Indonesia.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Realisasi belanja bantuan sosial (Bansos) Pemprov DKI Jakarta menjadi yang tertinggi se-Indonesia. Itu berdasarkan data Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri.

Hingga 23 Juli 2021, realisasi dana bansos DKI yang sebesar 43,23% menduduki peringkat pertama dari seluruh pemerintah daerah yang ada di Indonesia. Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk terus melanjutkan distribusi bansos.

Hal ini menjadi wujud komitmen Pemprov DKI untuk secara sigap membantu masyarakat di Jakarta di masa pandemi COVID-19. Plt Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Sekda Pemprov DKI Jakarta, Suharti Sutar, mengatakan, Pemprov DKI menganggarkan Rp7,21 triliun untuk belanja bansos di APBD 2021.

Data per 6 Agustus 2021 menunjukkan jumlah realisasi bansos alami peningkatan, yakni mencapai 45,40% atau sebesar Rp3,27 triliun.

“Besarnya nilai anggaran dan realisasi belanja bansos yang sudah didistribusikan menjadikan Pemprov DKI nomor satu di tingkat nasional. Kami menyadari pentingnya kehadiran bansos untuk masyarakat di tengah himpitan dan tekanan akibat pandemi COVID-19. Untuk itu, berbagai program bansos, akan terus didistribusikan oleh Pemprov DKI Jakarta secara cermat dan cepat kepada masyarakat,” kata Suharti di Jakarta, Sabtu (7/8/2021).

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Premi Lasari menambahkan, selama pandemi COVID-19 ini, program bansos yang dilakukan Pemprov DKI didistribusikan untuk membantu masyarakat yang terdampak dan terkonfirmasi positif COVID-19. Salah satunya adalah program pemberian Bantuan Sosial Tunai (BST) Bagi Masyarakat terdampak Covid-19 di Provinsi DKI yang sudah dilaksanakan dari tahap 1 sampai 6.

“Selain program pemberian BST, Dinsos DKI juga memiliki berbagai program bansos lain yang tujuannya membantu meringankan beban ekonomi di masyarakat ditengah masa PPKM. Berbagai program bansos ini selalu kami lakukan evaluasi dan monitoring secara berkala dan berkelanjutan, sehingga kami bisa secara sigap memberikan pelayanan terbaik untuk distribusi bansos kepada masyarakat,” jelas Premi.

Berikut beberapa program Bansos Dinsos DKI Jakarta:

1. Bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Lanjut Usia melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ).
2. Bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Disabilitas melalui Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ).
3. Bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Anak melalui Kartu Anak Jakarta (KAJ).
4. Bantuan Sosial Isoman PPKM Mikro. Bantuan ini diberikan kepada masyarakat DKI Jakarta terkonfirmasi positif COVID-19 melalui Permohonan Lurah terdiri dari beras 20 kg, mie instan 1 dus, Ikan kaleng 7 buah, minyak goreng 2 kg, biskuit 1 kaleng.
5. Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi warga masyarakat terdampak COVID-19
6. Bantuan Sosial Non Tunai berupa Beras sebesar 10 Kg bagi KPM BST.
7. Bantuan Sosial Penyediaan Makanan siap saji berupa katering makanan untuk pasien OTG dan petugas di lokasi Pusat Isolasi COVID-19.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)