Polisi: Ledakan Lantai 4 Kantor Depo LRT Kelapa Gading dari Pengisian Nitrogen AC

Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:01 WIB
loading...
Polisi: Ledakan Lantai 4 Kantor Depo LRT Kelapa Gading dari Pengisian Nitrogen AC
Kapolsek Kelapa Gading, AKP Rio Tobing mengungkapkan, bunyi ledakan yang menjadi sumber awal kebakaran di lantai 4 kantor Depo LRT Jakarta Kelapa Gading berasal dari pengisian nitrogen AC atau pendinginan udara. MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Kapolsek Kelapa Gading, AKP Rio Tobing mengungkapkan, bunyi ledakan yang menjadi sumber awal kebakaran di lantai 4 kantor Depo LRT Jakarta Kelapa Gading berasal dari pengisian nitrogen AC atau pendinginan udara.

"Tadi kita mendapat laporan sekitar pukul 09.00 WIB, ada bunyi ledakan dan kemudian keluar asap dari gedung MCC Lantai 4 Depo LRT Pegangsaan Dua Kelapa Gading," ujar Rio Tobing, Selasa (3/8/2021). (Baca juga; Ada Dugaan Ledakan, Polisi Terjunkan Gegana ke Kantor Depo Stasiun LRT Pegangsaan Dua )

Dia menyebutkan setelah pihaknya melakukan pengecekan ke TKP, di lantai 4 kacanya sudah pecah. Penanganan pertama kali oleh damkar untuk mengeluarkan asap dari lantai 4 tersebut. (Baca juga; Ini Ruangan di Lantai 4 Gedung MCC Depo LRT yang Terbakar )

"Kami mendapat informasi awal dari saksi, bersumber dari adanya ledakan. Sesuai SOP harus koordinasi dengan Gegana untuk melakukan penyisiran terhadap benda mencurigakan. Setelah dilakukan penyisiran dari tim Gegana tidak ditemukan benda-benda mencurigakan di TKP," katanya.

Dia menyebutkan asal suara ledakan tersebut berasal dari proses pengisian nitrogen pada AC Central di bagian roof top gedung enam lantai tersebut dan langsung berdampak ke ruangan di lantai empat. "Hasil penyelidikan, sumber ledakan berasal dari pengisian nitrogen AC paling atas (roof top) yang kemudian menyebar ke lantai 4 di ruang administrasi Depot LRT ini,ā€¯ujarnya.

Rio menambahkan, kerusakan terparah ada di lantai 4. Dia menyebutkan penyebab kebakaran dan ledakan karena pengisian nitrogen AC tersebut merupakan dugaan awal dan akan disempurnakan dalam tahap penyelidikan berikutnya.

"Tapi ini hanya dugaan awal sementara saja. Korban tidak ada, hanya karyawan sedikit sesak napas karena asap. Kita selidiki apakah ini masuk kelalaian dengan olah TKP dan penyelidikan. Dari satu lantai timbul ledakan, pecah keluar asap, di satu ruangan itu saja di lantai 4," tandas Rio Tobing.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)