Daur Ulang Sampah Plastik, MNC Peduli Berdayakan Ibu PKK di Sumur Batu Bekasi

Kamis, 29 Juli 2021 - 13:43 WIB
loading...
Daur Ulang Sampah Plastik, MNC Peduli Berdayakan Ibu PKK di Sumur Batu Bekasi
MNC Peduli bersama MNC Sekuritas mengadakan program CSR berupa kegiatan pemberdayaan wanita dalam mendaur ulang sampah plastik menjadi barang berguna di Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
BEKASI - MNC Peduli bersama MNC Sekuritas menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR) sesuai arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tentang kegiatan lembaga keuangan. Kali ini, kegiatan CSR tersebut dilakukan dalam bentuk kegiatan pemberdayaan wanita dalam mendaur ulang sampah plastik menjadi barang yang berguna di kawasan Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Pantauan MNC Portal di lokasi terlihat ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sedang mencuci tutup botol kemasan plastik dan kemasan plastik minyak goreng. Kemudian, habis dicuci tutup botol tersebut diolah menjadi tempat tisu dan lain sebagainya.(Baca juga; MNC Peduli dan Dewan Pers Gelar Vaksinasi Dosis Kedua Bagi Insan Pertelevisian dan Jurnalis )

Ibu Ayu selalu Ketua PKK Kelurahan Sumur Batu menyebut program tersebut baru berjalan sebulan yang dimulai pada Juni 2021. Diketahui dalam kurun waktu sebulan tersebut barang berupa tikar daur ulang berhasil dijual sehingga mendapatkan keuntungan."Tikar dari bungkusan kopi sudah kejual," ucap Ayu kepada MNC Portal, Kamis (29/7/2021).

Ayu menambahkan adanya program ini menjadi manfaat bagi ibu-ibu PKK yang didominasi ibu rumah tangga. Terlebih masa PPKM yang memaksa harus tetap di rumah saja. (Baca juga; Jessica Tanoesoedibjo Bicara, MNC Peduli x HAFECS Kupas Metode STEM & Launching "Guru Juara" )

"Terus kalau untuk manfaat dan kegunaan kita ya jadi manfaat aja di masa pandemi ini jadi kita di rumah ada kegiatan untuk bikin bikin dari bahan bahan yang tadinya sudah jadi sampah bisa dimanfaatkan lagi menjadi barang barang yang lumayan lah buat tempat tisu, tempat pensil dan lain lain," tuturnya.

"Manfaatnya kita makin akrab ya terus jadi sering ada pertemuan walaupun pandemi kayak gini ya kita tetap nyuri-nyuri waktu yuk kita ngumpul pengen bikin apa nih hari ini gitu. Untuk pekan ini kita kumpul bikin apa nanti aku ini, aku ini, jadi masing-masing mereka punya pendapat ya sudah dibikin masing-masing di rumah," imbuhnya.

Ayu mengaku tidak kekurangan ide dalam mendaur ulang sampah plastik tersebut. Sebab, adanya teknologi youtube membuat wawasan dan ide kreatif muncul. "Kalau kurangnya ide insyaallah nggak ya. Kalau ide kita kan punya youtube punya itu pengen bikin ini, bikin varian ini-ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ayu mengharapkan terus program pemberdayaan ibu-ibu PKK ini tetap didukung oleh MNC Peduli dan MNC Sekuritas. "Khususnya untuk PKK Sumur Batu ada kegiatan yang bermanfaat dan berguna untuk semuanya. Harapan yang utama MNC Peduli tetep support kami," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo memberikan apresiasinya terhadap diselenggarakannya kegiatan pemberdayaan wanita di desa binaan MNC Peduli. Lebih lanjut, Jessica berharap pemberdayaan wanita tersebut dapat menjadi potensi ekonomi bagi pihak keluarga.

“Saat ini adalah waktu yang tepat bagi para perempuan untuk lebih mandiri dan berkarya. Karena dengan peranan wanita yang berdaya dalam keluarga bisa menjadi potensi untuk membangkitkan perekonomian keluarga,” ujar Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo, Senin (28/06/2021).

Peresmian program pemberdayaan wanita di Kelurahan Sumur Batu, Bantar Gebang, Bekasi tersebut diawali dengan penyerahan mesin jahit serta peralatan pendukung lain dari MNC Peduli dan MNC Sekuritas. Nantinya program CSR ini juga akan berlangsung sampai akhir Desember 2021, dengan penjadwalan satu bulan sekali.

Sementara itu, Direktur IT & Online Trading MNC Sekuritas, Fifi Virgantria juga menyampaikan bahwa MNC Sekuritas akan terus mendukung kegiatan CSR yang dilaksanakan oleh ibu-ibu setempat. Menurutnya, program pengolahan sampah rumah tangga ini bermanfaat dalam mengembangkan jiwa wirausaha ibu-ibu, yang biasanya mengatur keuangan keluarga. Tentunya ini sesuai dengan bidang bisnis MNC Sekuritas yang terus berkomitmen mendukung literasi keuangan, terutama investasi saham.

“Kami memberikan dukungan penuh terhadap program pengembangan entrepreneurship sekaligus CSR berkelanjutan ini. Kami sangat senang melihat antusiasme tinggi dari ibu-ibu di Sumur Batu terhadap program ini. Tentunya kami berharap program ini dapat dilaksanakan dengan konsisten oleh peserta dan benar-benar dapat membantu mereka selama masa pandemi, sehingga ada manfaat ekonomi dan lingkungan yang dapat dirasakan," pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)