Datangi TPU Rorotan, Begini Cara Anies Ingatkan Masyarakat Akan Bahaya Covid-19

Jum'at, 16 Juli 2021 - 17:46 WIB
loading...
Datangi  TPU Rorotan, Begini Cara Anies Ingatkan Masyarakat Akan Bahaya Covid-19
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mendatangi TPU Rorotan. Foto: @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat untuk tidak menyepelekan Covid-19. Pada Kamis (15/7/2021), sebanyak 281 jenazah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sorotan, khusus Covid-19.

Melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan, Anies mengingatkan akan bahaya Covid-19. Dia menuliskan pengalamannya saat mendatangi TPU Rorotan.

"Mengitari makam. Berdua. Perempuan berkerudung. Laki-laki berjaket ojol dengan kopiah putih. Berjongkok, tangan menengadah. Lantunan doa terdengar pelan," kata Anies mengawali tulisannya di akun @aniesbaswedan, dikutip Jumat (17/7/2021).

Datangi TPU Rorotan, Begini Cara Anies Ingatkan Masyarakat Akan Bahaya Covid-19


Anies mendatangi dan duduk melingkar bersama mereka. Ikut mengamini doa mereka. Usai doa, ibu berkerudung bercerita kepada Anies, “Ini makam Ayah. Kalau makam Emak di sebelah sana,” sambil menunjuk sisi barat, 50-an meter jaraknya. Di makam Ibunya, juga sedang dikelilingi cucu dan anggota keluarga lain.

Air matanya terus mengalir. Kerudung merah itu telah basah jadi penyeka air mata. “Yg berat tu, Pak, kami nggak bisa nemenin di akhir-akhir Ayah. Nggak bisa ngebimbing. Nggak bisa mandiin. Kami cuma bisa ke sini sesudah Ayah dikubur. Ia anak sulung. Lelaki berjaket ojol, dia adiknya".

Tak lama kemudian, mereka pindah ke kubur ibunya. Anies menyusul. Saat mendekat, terdengar suara lembut lantunan ayat suci Al-Quran. Anies menyimak, sampai ia selesai. Terucap amin berulang kali. Tangan kanan memegang kitab di dada dan tangan kiri membasuh muka.

“Emak meninggal. Seminggu kemudian Ayah nyusul. Padahal sebelumnya mereka sehat-sehat aja. Terus batuk, sesek, waktu diperiksa ternyata covid,"

“Kalau kamis sore kami ke sini, Pak. Ngaji tiap malam jumat di makam Emak & Ayah. Kami menemin. Cuma ini yg bisa dilakuin, Pak. Ngedoain aja terus.” tutur mereka dalam sendu. Semua mata berkaca-kaca.

Datangi TPU Rorotan, Begini Cara Anies Ingatkan Masyarakat Akan Bahaya Covid-19
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)