Sidang Sengketa Tanah di PN Jaksel Masuk Kesimpulan, Kuasa Hukum Tergugat Berharap Putusan yang Adil

Rabu, 23 Juni 2021 - 17:58 WIB
loading...
A A A
“Adanya dugaan tindak pidana tersebut telah dilaporkan oleh Ibu Ryza kepada pihak kepolisian,” ujar tim kuasa hukum RJK Billy.

Sejumlah tersangka sudah ditetapkan oleh tim penyidik, yaitu Scot Donovan David Limaran, Asmadi, Kawentar B Kasmadi, Hakim Muslim, dan Jesse Darmawan.

Keterangan saksi Freddy Sudasril dan Muhamad Iwan dalam persidangan tanggal 21 April 2021 menyatakan bahwa BKD merupakan karyawan Koperasi Nusantara dan saksi pernah ikut dengan penggugat saat datang melihat objek sengketa.

BKD saat itu mengaku bahwa rumah mewah tersebut adalah miliknya, namun tidak bisa masuk ke dalam karena tidak membawa kunci. Bahkan penggugat tidak langsung masuk ke objek sengketa, melainkan mengebel dan memanggil orang yang berada di dalam rumah.

Saksi lain, Briptu Nanang Nurgiyanto dalam persidangan tanggal 19 Mei 2021 menyatakan kepada Majelis Hakim adanya aliran dana dari Kopnus kepada BKD yang digunakan untuk membeli objek sengketa dari Jesse Darmawan.

Penjelasan adanya aliran dana tersebut didasarkan atas hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim penyidik Polda Metro Jaya atas Laporan Polisi yang diajukan oleh RJA.

Selain itu, dalam kesimpulan juga dilampirkan keterangan dari Maharani Kusumawardani dan Susana Somali saat diajukan sebagai saksi dalam persidangan tanggal 9 Juni 2021. Dalam keterangannya, Maharani Kusumawardani menjelaskan bahwa sertifikat rumah yang dahulu ditempatinya telah diagunkan oleh Diah Respati kepada Koperasi Nusantara tanpa sepengetahuannya.

Sedangkan Susana Somali di pada persidangan menerangkan bahwa BKD pernah datang dan melakukan pengecekan ke rumah miliknya dengan menggunakan mobil dinas Koperasi Nusantara.

Susana pada keterangannya bahwa dirinya merasa tertipu, karena kesepakatan transaksi kerja sama terhadap aset miliknya ternyata dilakukan dengan transaksi penandatanganan PPJB lunas, antara Susana Somali dengan Bayu di kantor Koperasi Nusantara.

Humphrey R Djemat selaku ketua tim kuasa hukum Ryza J Adam menyatakan bahwa berdasarkan keterangan yang diperoleh dalam persidangan, berharap majelis hakim dapat melihat perkara ini secara komprehensif bahwa sesungguhnya Ryza J Adam adalah salah satu dari banyaknya korban praktek mafia tanah yang sedang marak terjadi di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5806 seconds (0.1#10.140)