Soal Topping Off Stadion JIS, Anies Baswedan: Membanggakan dan Monumental!

Kamis, 17 Juni 2021 - 00:17 WIB
loading...
Soal Topping Off Stadion JIS, Anies Baswedan: Membanggakan dan Monumental!
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan topping off rangka Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara dengan tiga frase kata utama. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyebutkan topping off rangka Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara dengan tiga frase kata utama.

"Impresif, membanggakan, monumental!," ujar Anies Baswedan dalam akun media sosialnya, Rabu (16/6/2021). Baca Juga: Anies Baswedan


Proses mengangkat rangka atap secara bersamaan dengan muatan yang sangat berat (3.900 ton), adalah satu-satunya di Asia saat ini. Hal ini baru ada di JIS.

JIS dirancang menggunakan sistem atap buka tutup (retractable roof), sehingga bisa digunakan dalam cuaca apapun. Fasilitas ini membuat stadion bisa dimanfaatkan lebih optimal, sepanjang tahun, tanpa terganggu cuaca dan jam operasi. Inilah terobosan yang bisa dibilang pertama di Indonesia, stadion dengan atap yang bisa dibuka tutup.

Proses topping off rangka atap JIS sangat kompleks, membutuhkan kompetensi, presisi yang tinggi, serta persiapan yang luar biasa. Hal ini harus dipersiapkan agar beban rangka atap yang memiliki berat 3.900 ton, sepanjang 270 meter ini sanggup diangkat hingga ketinggian 70 meter.

Ada kerja bersama ribuan orang yang terlibat dalam pembangunan JIS. Kita bersyukur dan berharap ini bisa tuntas. Kita semua boleh bangga pada para insinyur kita yang menyiapkan program dan proyek ini dengan amat baik. Begitu pula dengan para pekerja di lapangan yang malam, untuk memastikan pembangunan JIS berlangsung tepat waktu, tepat dana, dan tepat kualitasnya.

"Proses pemasangan rangka atap JIS ditargetkan rampung pada 5 Juli 2021. Kemudian Desember 2021 Insya Allah akan dijadwalkan pertandingan perdana di JIS ketika seluruh pembangunannya rampung," tandas Anies Baswedan.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)