Pembangunan Stadion JIS yang Digagas Anies Hadirkan Kembali Semangat MH Thamrin

Selasa, 09 Maret 2021 - 23:30 WIB
loading...
Pembangunan Stadion JIS yang Digagas Anies Hadirkan Kembali Semangat MH Thamrin
Pembangunan Jakarta International Stadium.Foto/Istimewa/IG @jakintstadium
A A A
JAKARTA - Proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) memasuki minggu ke 79 pada Maret 2021. Pembangunan JIS menghadirkan kembali spirit MH Thamrin salah satu pahlawan asal Jakarta.

Progres pembangunan JIS saat ini masih minus dari rencana 50,650 persen baru terealisasi 49,944 persen atau deviasi -0,706 persen. Hal itu diakibatkan pandemiyang berdampak terhadap material import dan cuaca yang juga punya cukup andil.

"Penuh dinamika dalam proses progresnya," tulis akun instagram @jakintstadium dikutip Selasa (9/3/2021). Akun tersebut menjelaskan bahwa di tengah dinamika, tak menarik bila pembangunan fisik tak dibarengi narasi pembangunan jiwa pada stadion ini.

Semoga sepakat bila menghadirkan Jakarta International Stadium juga menghadirkan kembali spirit MH Thamrin yang kelahirannya baru diperingati pada 16 Februari 2021 lalu. Baca: 4 Kasus Anak Buah Anies Tersandung Masalah, Mulai Korupsi hingga Pembuatan KTP Buronan

Bicara MH. Thamrin adalah sosok putra Betawi yang juga Pahlawan Nasional karena pergerakannya dalam rangka persatuan bangsa. Upaya mendorong klub-klub sepak bola di Jakarta bersatu dalam perkumpulan VIJ (Voetbalbond Indonesische Jacatra). Persatuan klub sepak bola tersebut merupakan bagian dari semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dann diaplikasikan dalam olahraga sepak bola.

Semangat akan persatuan ini juga yang dibawa VIJ untuk mendorong lahirnya PSSI. Jadi sepak bola di Jakarta tak lepas dari pergerakan nasional dalam mencapai kemerdekaan. "JIS tak hanya bangunan megah, melainkan miniatur semangat persatuan. Banyak cerita yang bisa digali dari pembangunan JIS atau apapun nanti pilihan namanya. Semoga spirit #StadionKita selalu ada," lanjut tulisan itu.

Diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta akhirnya membangun stadion sepak bola kelas dunia di Kawasan Sarana Rekreasi Olahraga, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, janji yang diberikan kepada masyarakat Ibukota atas pembangunan stadion sepakbola kelas dunia telah ditunaikan. Menurutnya pembangunan stadion sepakbola ini akan menjadi stadion pertama yang betul-betul berkelas dunia dan bukan hanya kebanggaan Ibukota, tetapi juga kebanggaan Indonesia.

"Satu demi satu janji sudah kami tunaikan dan ini adalah mimpi bagi juataan warga ibu kota. stadion ini akan menjadi stadion yang insya Allah bukan hanya kebanggan ibu kota tapi juga indonesia," kata Anies saat melakukan Kick Off (Tendangan Perdana) Pembangunan Jakarta International Stadium di Kawasan Sarana Rekreasi Olahraga, Tanjung Priok, Jakarta Utara, 14 maret 2019.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)