Anies Minta Perusahaan Berikan Kemudahan bagi Karyawan Bersepeda

Jum'at, 04 Juni 2021 - 11:21 WIB
loading...
Anies Minta Perusahaan Berikan Kemudahan bagi Karyawan Bersepeda
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.Foto/Istimewa/IG @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta gedung-gedung perkantoran di Ibu Kota memberikan ruang lebih bagi pesepeda. Pengelola gedung di Jakarta diminta menyiapkan tempat parkir sepeda 10%.

"Di Jakarta di gedung-gedung termasuk pusat pertokoan diharuskan menyiapkan tempat parkir untuk sepeda 10%," ungkap Anies di Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (4/6/2021). Anies juga menganjurkan pada perusahaan-perusahaan menyediakan untuk tempat shower atau mandi.

"Nah yang kami ingin dorong kami harap perusahaan setiap kantor memberikan insentif bagi mereka yang naik sepeda. Misalnya diberikan insentif kredit sepeda diberikan subsidi premi asuransi diberikan kemudahan di dalam mereka berkegiatan di kantor sehingga ada insentif tambahan untuk menggunakan sepeda jadi kita berkepentingan sama-sama untuk membuat warga lebih sehat kotanya lebih bersih dan nantinya kita akan merasakan suasana kota urban yang secara umum kondisinya lebih sehat," urainya.

Apabila kantor belum membolehkan karyawannya bersepeda dari rumah ke kantor, paling tidak dipinjamkan sepeda saat hendak beraktivitas di kantor.

"Kami mendorong sekali kegiatan sepeda ini dan kalau boleh usul kalau pun belum bisa ke kantor naik sepeda di kantor siapkan sepeda untuk pergi makan siang naik sepeda, pergi meeting yang dekat naik sepeda, kegiatan-kegiatan jarak pendek pakai sepeda jadi kalau pun belum bisa naik sepeda ke kantor paling tidak di kantor ada sepeda untuk datang di pertemuan-pertemuan dengan begitu kita memanfaatkan sepeda dengan benar-benar sebagai alat transportasi," ujarnya.

Anies ingin agar usaha ini semua meluas. Dia berharap agar apa yang dikerjakan di Jakarta bisa dirasakan juga manfaatnya bagi masyarakat luar Jakarta yang datang ke sini."Dan harapannya juga bisa makin banyak di Indonesia yang mau menggunakan sepeda sebagai alat transportasi bukan hanya sebagai alat sport," tambahnya.

Memperjuangkan ini bukan sesuatu hal yang kecil tapi Anies optimistis bahwa usaha tersebut juga tidak berat. Ini besar karena ini adalah suatu ikhtiar merubah cara pandang terhadap sepeda.

"Cara pandang kita terhadap mobilitas dan kita berharap sekali bahwa dunia untuk hidup lebih sehat untuk kota lebih bersih ditopang dengan lebih banyak pejalan kaki lebih banyak pesepeda. Jakarta sedang bekerja menuju arah sana semoga ikhtiar ini bisa tercapai seperti harapan terima kasih," tuturnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)