Warga Tangerang Hanya Bisa Lihat Sebagian Gerhana Bulan Total

Rabu, 26 Mei 2021 - 19:40 WIB
loading...
Warga Tangerang Hanya Bisa Lihat Sebagian Gerhana Bulan Total
Warga Tangerang tidak bisa melihat langsung fase puncak gerhana bulan total secara kasat mata.Foto/MPI/Isty Maulida
A A A
TANGERANG - Warga Tangerang tidak bisa melihat langsung fase puncak gerhana bulan total secara kasat mata. Ini dikarenakan langit di wilayah Tangerang tidak cerah.

Gerhana bulan total yang saat ini sedang berlangsung bisa disaksikan di wilayah Tangerang selama 60 menit sejak pukul 19.00 WIB. "Bisa terlihat secara kasat mata pada pukul 19.00 WIB, sampai nanti terakhir di jam 20.51 atau P4-nya," ungkap Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)Kelas I Tangerang, Suwardi pada Rabu (26/5/2021).

Namun sayangnya, lanjut Suwardi, warga Tangerang tidak bisa melihat fase puncak gerhana secara kasat mata. Adapun yang masih bisa dilihat adalah sebagian atau pada saat bulannya terbit, hingga berakhirnya gerhana.

"Dengan catatan langit cerah, jadi bisa terpantau kasat mata," ungkapnya.

Sementara itu, umat muslim di berbagai wilayah melaksanakan salat gerhana selepas salat magrib atau sekitar pukul 19.00 WIB. Seperti yang terpantau di kelurahan Sangiang Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang beberapa masjid dan musala menggelar salat gerhana berjamaah.

Tak sedikit juga yang mengimbau warga agar melaksanakan salat gerhana di rumah masing-masing. Selain itu, kumandang takbir juga terus terdengar sejak sore tadi dan diperkirakan akan terus berkumandang hingga fase gerhana bulan total berakhir.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4156 seconds (0.1#10.140)