Polisi Amankan 12 Orang Kader HMI Peserta Aksi Bela Palestina

Jum'at, 21 Mei 2021 - 19:29 WIB
loading...
Polisi Amankan 12 Orang Kader HMI Peserta Aksi Bela Palestina
Massa menggelar aksi unjuk rasa solidaritas untuk Palestina di Kedubes Amerika Serikat (AS), Jakarta Pusat. Foto: SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Polisi mengamankan 12 orang peserta aksi bela Palestina di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (21/5/2021). Mereka yang diamankan merupakan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).



"Kami diminta mengamankan mereka yang menjalani aksi. Tetapi harus ingat bahwa hak mereka yang sampaikan pendapat dibatasi dan mereka diwajibkan untuk hormati hak orang lain dan aturan yang berlaku. Ada 12 orang yang kami amankan," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi, Jumat (21/5/2021).

Hengki menjelaskan, ke 12 orang itu diamankan lantaran ingin membakar ban hingga menimbulkan kericuhan. Mereka sempat melawan ketika diminta untuk bergabung dengan massa lain di depan Kedubes AS.



"Kami imbau untuk pindah ke tempat yang kami tentukan, tapi mereka tidak turuti. Kemudian mengganggu lalu lintas yang ada di jalanan umum, dan setelah kami imbau baik-baik juga tetap melawan, jadi terpaksa kami amankan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban," tandasnya.

Ke 12 orang dari HMI yang diamankan ini berusaha melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Timur, tepatnya di depan gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Setelah diamankan, 12 orang tersebut dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dibina.

"Ini kan (massa) terdiri dari beberapa elemen, termasuk dari HMI juga yang naik (aksi).Ini (kader) HMI dari mana kami belum cek lagi. Sementara dibawa ke Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan dan dibina," pungkas Hengki.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)