Serahkan Petisi UU Omnibus Law, Puluhan Perwakilan Buruh Sudah Masuk Gedung MK

Sabtu, 01 Mei 2021 - 12:50 WIB
loading...
Serahkan Petisi UU Omnibus Law, Puluhan Perwakilan Buruh Sudah Masuk Gedung MK
Berbagai elemen buruh memperingati May Day di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021). Foto: SINDOnews/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Buruh Internasional atau May Day, perwakilan buruh mendatangi gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Sabtu (1/5/2021) siang. Mereka datang untuk memberikan petisi atas apa yang menjadi aspirasi buruh.

Perwakilan massa buruh yang mendatangi gedung MK salah satunya adalah Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal. Saat ini perwakilan massa buruh masih berada di gedung MK.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Dampingi Langsung Serikat Buruh Antar Petisi ke Mahkamah Kontitusi

Sementara itu, Wakil Presiden KSPI Riden Hatam Aziz menyebut puluhan buruh sebagai perwakilan sudah diterima masuk ke gedung MK. Mereka akan menyerahkan petisi atas aspirasi kaum buruh.

"Kami perwakilan 20 atau 30 orang diterima MK. kami paham gugatan sudah masuk, kami serahkan petisi," kata Riden.

Baca juga: Buruh Peringati May Day, Kawasan Patung Kuda Mendadak Berubah Jadi Area Perkuburan?

Rampung menyerahkan petisi ke MK, perwakilan massa buruh akan bergerak ke Istana Negara. Nantinya, mereka akan memberikan terkait petisi yang berkaitan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 bersama perwakilan KSP.

"Selesai di MK kami akan ke Istana Negara, di Istana Negara kami dapat konfrm insya allah bisa diterima KSP, kami hormati tidak ada dialog kami sampaikan petisi kami terhadap UU Nomor 11 tahun 2020," ujar dia.

Diketahui, ada dua isu yang menjadi tuntutan buruh hari ini. Isu pertama, batalkan UU Cipta Kerja (Ciptaker). Kedua, berlakukan UMSK 2021. Saat ini KSPI sedang melakukan uji formil dan uji materiil terhadap omnibus law UU Cipta Kerja.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2556 seconds (10.55#12.26)