Jaga Ketertiban Umum saat Ramadhan, Tim Gabungan Sita Puluhan Miras di Ciracas

loading...
Jaga Ketertiban Umum saat Ramadhan, Tim Gabungan Sita Puluhan Miras di Ciracas
Petugas gabungan dari Sat Pol PP bersama TNI-Polri menggelar operasi penyakit masyarakat (pekat) di wilayah Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (16/4/2021) malam. FOTO/SINDOnews/Okto Rizki Alpino
JAKARTA - Petugas gabungan dari Sat Pol PP bersama TNI-Polri menggelar operasi penyakit masyarakat (pekat) di wilayah Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (16/4/2021) malam. Melalui operasi ini puluhan botol minuman keras (miras) berhasil diamankan dari beberapa pedagang.

Lurah Rambutan Ikhwan Muhammad Ali mengatakan, operasi pekat ini digelar dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban umum pada bulan suci Ramadhan. Pihaknya sengaja menyasar kios pedagang minuman yang diduga menjual miras.

"Kami amankan 66 botol minuman keras berbagai merek dari kios para pedagang di wilayah Ciracas," kata Ikhwan seusai menggelar operasi pekat di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Polisi Amankan Puluhan Botol Miras Berbagai Merk di Jambi

Dikatakan Ali, sebelum melakukan operasi pekat pihaknya lebih dulu menelusuri kios yang menjajakan miras. Pasalnya, sepintas kios-kios yang kerap menjajakan miras tak begitu mencolok karena biasanya memakai lapak pedagang jamu.

"Setelah kita periksa ditemukan botol minuman keras yang dijual di kios-kios jamu," ujarnya.



Setelah berhasil mengamankan puluhan miras dari lapak pedagang pihaknya langsung menyitanya. Hal ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Saerah Nomor 8 Tahun 2007 pasal 46 yang menyatakan bahwa setiap orang atau badan dilarang menjual, menyimpan dan mengedarkan minuman keras tanpa izin dari pejabat setempat.

Baca juga: Hasil Razia Selama 2021, Polres Bekasi Musnahkan 12.800 Botol Miras

"Atas dasar peraturan itu maka kami lakukan penyitaan terhadap minuman keras yang diamankan," ucapnya.

Dia menambahkan, demi menjaga ketertiban umum selama bula suci Ramadhan pihaknya akan terus melakukan operasi pekat. Adapun miras yang sudah sita akan dibawa ke gudang Sat Pol PP di daerah Cakung sebagai barang bukti dan nantinya akan dimusnahkan.

"Kita tetap melakukan operasi ini sampai benar-benar tidak ada pedagang yang menjual. Miras yang disita kita kirim ke gudang Sat Pol PP untuk dimusnahkan," katanya.
(abd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top