Yayasan Sahati Salurkan 2.500 Paket Sembako untuk Warga Tangerang Raya

Selasa, 19 Mei 2020 - 18:56 WIB
loading...
Yayasan Sahati Salurkan 2.500 Paket Sembako untuk Warga Tangerang Raya
Yayasan Sahati bersama PT Indonesia Seia menyalurkan bantuan bagi warga Tangerang Raya yang terdampak wabah Covid-19.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah lapisan masyarakat terdampak. Guna meringankan kebutuhan masyarakat terdampak Covid-19, Yayasan Sahati bersama PT Indonesia Seia menyalurkan bantuan bagi warga Tangerang Raya yang terdampak wabah ini dan tidak terdaftar menerima kebutuhan bahan pokok dari pemerintah.

"Hari ini kita memulai untuk mendistribusikan 2.500 paket yang sudah disetting dan data khusus untuk masyarakat yang sangat membutuhkan," ungkap Pembina Yayasan Sehati, Marinus Gea didamping wakilnya, Then Herry Nio saat memberikan bantuan secara simbolis kepada warga terdampak di Tangerang, Selasa (19/5/2020).

Marinus yang juga anggota Komisi III DPR RI itu mengatakan, bantuan kebutuhan bahan pokok itu disebar untuk warga di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Bantuan difokuskan kepada warga yang tidak terjangkau melalui mekanisme atau birokrasi pemerintah seperti anak kos, janda miskin, buruh, dan pengemudi ojek daring.

"Kebanyakan pendataan yang menerima bantuan pemerintah ini masih agak simpang siur karena data KTP tidak sesuai domisili sehingga jadi persoalan sekarang ini," ujar anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan itu. (Baca: Kemensos Salurkan Bansos untuk Komunitas Kusir Delman di Jakarta Utara)

Pimpinan PT Indonesia Seia, Sumadi Seng, menjelaskan, bantuan paket sembako berisi beras, mi instan, gula, minyak goreng merupakan kali kedua diberikan kepada warga. Sebelumnya sebanyak 4.000 paket sembako sudah diberikan kepada warga di wilayah Tangerang lainnya. Yayasan Sahati memiliki tim pendata warga yang belum menerima bantuan di setiap wilayah.

Hasil pendataan menunjukkan terdapat warga yang puasa atau tidak makan hingga dua hari karena tidak memiliki kebutuhan pokok."Jadi sangat prihatin, bahkan beberapa daerah ada yang diakibatkan dari kelaparan itu mereka terkena penyakit," tuturnya.

Selain Tangerang Raya, Yayasan Sahati dan Sumadi Seng bersama PT Indonesia Seia berencana menyalurkan bantuan bahan pokok kepada masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah lain Provinsi Banten, seperti Serang, Lebak, dan Pandeglang.

Pendeta Eko dan Pendeta Stefanus yang turut hadir di kesempatan ini, menyampaikan terimakasihnya dan apresiasi terhadap dukungan PT Seia Indonesia, Sumadi Seng, dan Yayasan Sahati. Eko menjelaskan, banyak warga yang tak terliput data penerima bantuan pemerintah, karena juga punya kendala dokumen identitas dan lainnya.

“Apa yang dilakukan Yayasan Sahati dan PT Indonesia Seia ini membantu mereka. Sudah banyak juga yang sampai makan pun kesulitan. Kami mendoakan, agar bantuan ini terus bergulir dan banyak yang tergugah hatinya melakukan yang sama,” ujar Pendeta Eko.

Ketua Yayasan Sahati, Abdi J Batee menegaskan, upaya membantu warga negara adalah tugas mulia yang harus dilakukan. Mereka yang diberikan Tuhan kelebihan dalam rezeki, harus membantu lainnya yang kekurangan.

Yayasan Sahati juga sebelumnya memberangkatkan banyak bantuan ke sejumlah daerah bersama mantan menteri perdagangan Enggartiasto Lukita. APD yang berhasil dikumpulkan yakni 1,3 juta masker bedah, 300.000 masker KN-95, 40 ribu pelindung wajah (face shield), 60 ribu medical safety suit, dan sarung tangan medis 100 ribu set. Ada juga 175 ribu unit alat rapid test dan 30 unit ventilator.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)