Di Hadapan C40 Cities-WHO, Anies Paparkan Strategi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

Kamis, 18 Maret 2021 - 13:43 WIB
loading...
Di Hadapan C40 Cities-WHO, Anies Paparkan Strategi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memaparkan strategi vaksinasi Covid-19 dalam C40 Webinar bersama World Health Organization (WHO), Rabu 17 Maret 2021. Foto: @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memaparkan strategi vaksinasi Covid-19 dalam C40 Webinar bersama World Health Organization (WHO), Rabu 17 Maret 2021. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memenuhi target vaksinasi warga Jakarta dan Luar Jakarta.



Anies memaparkan, Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Kementerian Kesehatan memiliki target vaksinasi sebanyak 8,8 juta orang yang berdomisili di Jakarta, ditambah 1,2 juta tenaga kerja dari luar Jakarta. "Target vaksinasi untuk kelompok prioritas adalah 3 juta orang dan diharapkan selesai pada Juni 2021 serta masyarakat lainnya akan divaksinasi mulai Juli 2021," ujar Anies dalam postingan akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan, Kamis (18/3/2021).

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta bertanggung jawab untuk melatih para pemberi vaksin, memelihara pasokan rantai dingin (cold chain), mendorong masyarakat untuk divaksinasi, dan memastikan mobilisasi kelompok rentan ke pusat vaksin.

Bersama Kementerian Kesehatan dan swasta, Pemprov DKI Jakarta menginisiasi strategi program penyebaran vaksinasi dengan bekerja sama dengan berbagai pihak. DKI memanfaatkan semua rumah sakit, puskesmas, sekolah, kantor pemerintahan, gedung pertemuan, dan balai olah raga untuk vaksinasi.

"Sasaran kita adalah mencapai 150.000 vaksinasi setiap hari dengan menerapkan vaksinasi berbasis komunitas untuk vaksinasi yang berkeadilan (menjangkau seluruh kalangan). Untuk itu kami menjalankan beberapa aksi dengan memobilisasi lingkungan (RT/RW) dan mengirimkan pesan harian untuk menginformasikan target vaksinasi," bebernya.



Anies mendorong wali kota dan gubernur lain dari seluruh dunia untuk bekerja sama dengan WHO guna pembentukan Jaringan Kota Global untuk Kesiapsiagaan Darurat Kesehatan dan mendukung COVID-19 Vaccines Global Access (COVAX). Koordinasi tingkat global dan nasional untuk penyebaran dan distribusi vaksin yang efektif, sangat penting untuk mencapai visi bersama untuk proses pemulihan yang berkeadilan.

C40 Cities merupakan jaringan yang menghubungkan 97 kota besar dunia yang telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah progresif terkait perubahan iklim.

Turut hadir dalam webinar semalam dari pihak WHO antara lain, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Penentu Kesehatan Masyarakat, Lingkungan dan Sosial Maria Neira, dan Penasihat Gender dan Pemuda untuk Direktur Jenderal WHO Diah Saminarsih.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7467 seconds (0.1#10.140)