Praperadilan Habib Rizieq Gugur, Ini Argumen Pengacara HRS versus Polda Metro Jaya

Rabu, 17 Maret 2021 - 15:43 WIB
loading...
Praperadilan Habib Rizieq Gugur, Ini Argumen Pengacara HRS versus Polda Metro Jaya
Pengacara Habib Rizieq, Alamsyah Hanafiah memberikan keterangan soal hakim yang menggugurkan praperadilan sah tidaknya penangkapan dan penahanan HRS, Rabu (17/3/2021). Foto: SINDOnews/Ari Sandita Murti
A A A
JAKARTA - Praperadilan Habib Rizieq Shihab atau HRS dinyatakan gugur oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Begini argumen pengacara Habib Rizieq versus Polda Metro Jaya .

Pengacara Habib Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah menilai hakim tunggal yang menyatakan gugurnya gugatan praperadilan sah tidaknya penangkapan dan penahanan kliennya adalah keliru. Sebab, sidang praperadilan itu sudah mencapai tahap akhir.
Baca juga: Hadiri Sidang Dakwaan Habib Rizieq Shihab di PN Jakarta Timur, Polisi Amankan 33 Remaja

"Sebenarnya hakim tadi keliru menafsirkan putusan MK yang dinyatakan apabila perkara praperadilan belum selesai. Yang belum selesai dimaksud MK itu, belum selesai pemeriksaan tahap demi tahap perkara praperadilan," ujarnya, Rabu (17/3/2021).

Menurut dia, sidang dengan proses pemeriksaan gugatan praperadilan sah tidaknya penangkapan dan penahanan Habib Rizieq sejatinya selesai digelar pada Rabu 10 Maret 2021 lalu. Sedangkan, saat ini sidang bukan dalam proses pemeriksaan, tapi dalam proses akhir atau pembacaan putusan.

"Jadi, proses pemeriksaan perkara itu mulai dari gugatan, jawaban, pembuktian, saksi-saksi, ahli sampai ke kesimpulan, itu namanya proses pemeriksaan perkara," jelasnya.

Alamsyah menyesalkan putusan hakim tersebut, yang mana harusnya sidang praperadilan tetaplah dilanjutkan dengan agenda pembacaan putusan diterima atau ditolak praperadilannya.

Sementara, Kabid Hukum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki mengatakan, hakim Suharno yang memutuskan gugatan praperadilan sah tidaknya penangkapan dan penahanan Habib Rizieq gugur itu sejatinya sudah sesuai aturan.
Praperadilan Habib Rizieq Gugur, Ini Argumen Pengacara HRS versus Polda Metro Jaya

Kabid Hukum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki memberikan keterangan soal gugurnya praperadilan sah tidaknya penangkapan dan penahanan Habib Rizieq di Jakarta, Rabu (17/3/2021). Foto: SINDOnews/Ari Sandita Murti

"Dalam keputusan hari ini sebagaimana disampaikan pemohon itu gugur karenanya sudah sesuai peraturan yang ada," ujarnya.
Baca juga: Hakim Tunggal PN Jaksel Putuskan Praperadilan Penangkapan Habib Rizieq Dinyatakan Gugur

Polisi juga sudah mengajukan bukti-bukti, termasuk foto ke hakim pada persidangan kali ini kalau sidang perdana pokok perkara yang menjerat Habib Rizieq telah digelar di PN Jaktim kemarin. Alhasil, sudah sepatutnya gugatan praperadilan itu dinyatakan gugur.

Meskipun sidang praperadilan diteruskan hingga putusan pun Polda Metro Jaya selaku termohon optimistis memenangkan praperadilan mengingat sidang pokok perkaranya itu telah digelar. Tanggung jawab polisi dalam kasus Habib Rizieq dianggap telah selesai dan saat ini menjadi tanggung jawab Jaksa.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)