Salat Subuh di Masjid Luar Batang, Anies Pastikan Revitalisasi Destinasi Wisata Religi

Senin, 15 Maret 2021 - 12:52 WIB
loading...
Salat Subuh di Masjid Luar Batang, Anies Pastikan Revitalisasi Destinasi Wisata Religi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan pelaksanaan revitalisasi Masjid Jami Kramat Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (15/3/2021). Foto/Istimewa/Facebook @Anies Baswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan salat subuh berjamaah di Masjid Jami Kramat Luar Batang , Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (15/3/2021). Anies ingin memastikan revitalisasi masjid yang saat ini menjadi destinasi wisata religi.

Melalui akun instagramnya @aniesbaswedan mengisahkan ketika dirinya salat subuh berjamaah di Masjid Luar Batang. Saat itu, suasana fajar di salah satu kampung paling tua di pesisir Jakarta terasa sangat berbeda: tenang, teduh di bawah bentangan langit yang indah. (Baca juga; Ini Deretan Masjid Tertua di Jakarta )

"Salat subuh berjamaah dan kemudian meninjau progres revitalisasi Masjid Jami Keramat Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara," tulis Anies yang dikutip dalam akun instagramnya, Senin (15/3/2021). (Baca juga; Masjid Istiqlal Gagas Program Pendidikan Ulama Perempuan )

Anies menjelaskan, kampung Luar Batang adalah salah satu kampung bersejarah tertua di Jakarta. Jantung kehidupan kampung ini adalah Masjid Luar Batang didirikan oleh Habib Husein bin Abubakar Alaydrus pada 1739. Kemudian Habib Husein dimakamkan dalam kompleks masjid ini pada 1756.

Pemprov DKI Jakarta telah menetapkannya sebagai Masjid Cagar Budaya sejak 1993 dan merupakan Destinasi Wisata Bahari di Jakarta Utara. Sebelum pembatasan pandemi, puluhan bahkan ratusan bus dan ribuan orang setiap harinya yang berkunjung ke Masjid Keramat Luar batang ini untuk berziarah ke makam Sang pendirinya Habib Husein bin Abubakar Alaydrus.

Salat Subuh di Masjid Luar Batang, Anies Pastikan Revitalisasi Destinasi Wisata Religi


Masjid Luar Batang terakhir direnovasi pada 2008, era Gubernur Fauzi Bowo. Tahun ini, di bawah kepemimpinan Anies revitalisasi dilakukan kembali, tak hanya masjidnya tapi juga Kawasan Luar Batang secara keseluruhan. Revitalisasi tahap pertama (interior masjid) hampir tuntas dan sekarang memasuki tahap kedua, pemasangan kanopi.

"Ke depan Kampung Luar Batang akan menjadi salah satu destinasi wisata budaya religi di pesisir Jakarta. Bersama-sama dengan Kampung Akuarium yang juga sedang kita bangun di sebelahnya. Semoga semua berjalan lancar dan kawasan ini bisa makin menarik, makin tumbuh berkembang sebagai salah satu tujuan ziarah yang nyaman dan mengesankan," ungkapnya.

Lebih dari 19.292 netizen menyukai kegiatan Anies yang diunggah dalam akun instagramnya itu. Beragam komentar pun mewarnainya. Akun @noerhidayat1712 mengapresiasi kegiatan Gubernur Anies yang tidak henti-hentinya dilakukan untuk masyarakat.

"Jajanan Jakarta dipromosikan langsung sama bapak gub. Masjid juga dipromosikan langsung. Mantep bapak gub ini," ungkapnya.

Akun @ Fahrulrizki berkomentar bahwa daerah itu pernah digusur dan saat ini kembali dibangun.

"Daerah itu dulu pernah digusur. Sekarang dibangun kembali," cuitnya dengan simbol tepuk tangan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)