Ini Deretan Masjid Tertua di Jakarta

loading...
Ini Deretan Masjid Tertua di Jakarta
Masjid Jami Al Atiq salah satu masjid tertua di Jakarta yang dibangun pada Tahun 1632. Foto-foto/Istimewa/duniamasjid.islamic-center.or.id/gpswisataindonesia.info/plongsite.wordpress
JAKARTA - Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia tak terkecuali di Jakarta. Di Ibu Kota negara ini terdapat ribuan masjid yang berdiri kokoh di setiap sudut permukiman warga.

Namun, tahukah Anda dari ribuan masjid di Jakarta ada puluhan masjid yang masuk ketegori tertua di Jakarta. Dilansir dari laman bujangmasjid.blogspot ada terdapat sejumlah masjid tua di Jakarta yang berdiri sejak Abad 16 Masehi.

Berikut SINDOnews rangkum masjid-masjid tertua di Jakarta;

Masjid Al Alam Cilincing Jakarta Utara (Berdiri Tahun 1527)

Masjid ini salah satu masjid yang didirikan Fatahillah saat akan merebut Sunda Kelapa dari Portugis. Masjid ini pun sangat besar nilainya bagi sejarah jakarta dan indonesia. Berdasarkan versi sejarah dinas purbakala DKI Jakarta, masjid ini dibangun pada 22 Juni 1527, persis sama dengan HUT Kota Jakarta.



Masjid Jami Assalafiyah, Masjid Pangeran Jayakarta (Berdiri Tahun 1620)

Masjid Jami Assalafiyah atau juga dikenal sebagai Masjid Pangeran Jayakarta di kawasan Jatinegara Kaum, Klender, Jakarta Timur. Masjid ini tak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan Pangeran Jayakarta, penguasa terakhir Jayakarta sebelum kekalahannya menghadapi serbuan pasukan VOC (Belanda) di bawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen pada 30 Mei 1619. Baca: Beragam Nama Jakarta Sejak Tahun 397 sampai Sekarang

Masjid Jami Al Atiq, Kampung Melayu, Jakarta Selatan (Berdiri Tahun 1632)

Masjid Jami Al-Atiq di Kampung Melayu Besar, Tebet, Jakarta Selatan ini diyakini secara lisan sebagai masjid tertua di Jakarta. Awalnya didirikan sebagai sebuah musala bagi pasukan Banten yang menyerbu Batavia. Awalnya masjid ini bernama masjid Kandang Kuda karena berada di perkampungan tukang sado. Kemudian berubah menjadi Masjid Jami Kampung Melayu. Gubernur Ali Sadikin di era 1970-an memberi nama Masjid Jami Al-Atiq untuk masjid ini.

Masjid Raya Al-Arif Jagal Senen Jakarta Pusat (Berdiri Tahun 1695)



Masjid Raya Al-Arif Jagal Senen merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta yang berada di kawasan Pasar Senen Jakarta Pusat. Masjid ini diperkirakan dibangun pada abad ke 17 oleh seorang bangsawan kesultanan Gowa (Sulawesi Selatan) Upu Daeng Arifuddin, dan nama beliau kemudian diabadikan sebagai nama masjid ini.
Ini Deretan Masjid Tertua di Jakarta


Masjid Al-Makmur, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Berdiri Tahun 1704)

Merupakan salah satu dari puluhan masjid tua yang masih tersisa di Jakarta. Masjid ini dibangun pada tahun 1704 oleh bangsawan Kerajaan Islam Mataram pimpinan KH Muhammad Asyuro.
Ini Deretan Masjid Tertua di Jakarta
(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top