BMKG Prakirakan Hujan Sangat Lebat Akan Turun di Jabodetabek Hari Ini dan Besok

Jum'at, 26 Februari 2021 - 06:10 WIB
loading...
BMKG Prakirakan Hujan Sangat Lebat Akan Turun di Jabodetabek Hari Ini dan Besok
BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek pada Jumat 26 Februari 2021 dan Sabtu 27 Februari 2021. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deputi bidang Meteorologi BMKG , Guswanto mengatakan keberadaan bibit siklon tropis di Samudera Hindia selatan Jawa Barat berpengaruh pada terjadinya perlambatan dan belokan angin di sebagian besar Jawa bagian barat yang pada gilirannya dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan .

"Maka itu, hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek pada Jumat 26 Februari 2021 dan Sabtu 27 Februari 2021, terutama pada malam hingga dini hari," ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Jumat (26/2/2021).

Adapun wilayah yang berpotensi terjadi hujan sangat lebat pada periode tanggal tersebut, pertama di Kabupaten Bogor, tepatnya Jasinga, Cigudeg, Sukajaya, Nanggung, Cijeruk, Pamijahan, Tenjolaya, Tamansari, Leuwiliang, Leuwisaden, Cibungbulang, Ciseeng, dan Cigombong.

Kedua, Kabupaten Lebak, tepatnya Curugbitung, Sajira, Cimarga, Leuwidamar, Cipanas, Sobang, dan Lebakgedong.

Sedangkan wilayah dengan potensi hujan lebat ada di kawasan Jabodetabek, yakni Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Selatan, dan Kota Jakarta Timur. Lalu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Bogor. Baca juga: Kompolnas Minta Bripka CS Dijerat dengan Pasal Berlapis

"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir, dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," katanya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)