Meski Banjir, BPTJ Klaim Kondisi Terminal Bus Jabodetabek Aman

Selasa, 23 Februari 2021 - 08:03 WIB
loading...
Meski Banjir, BPTJ Klaim Kondisi Terminal Bus Jabodetabek Aman
Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Transpotasi Jabodetabek (BPTJ) mengklaim sejumlah terminal bus di bawah naungannyakondisinya aman dari bencana banjir. Meski banjir terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek.

Menyusul terjadinya banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek, sejauh ini kondisi beberapa Terminal Bus dalam kondisi relatif aman. termasuk keempat terminal yang berada di bawah pengelolaan BPTJ. Baca Juga: Jakarta Banjir, Sejumlah Rute Transjakarta Alami Perpendekan Sampai Stop Operasi

"Meski keempat terminal di bawah pengelolaan BPTJ yang terdiri dari Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Jatijajar Depok dan Terminal Poris Plawad Tangerang relatif aman, langkah-langkah antisipatif tetap perlu untuk dilakukan," kata Direktur Prasarana Badan Pengelola Transpotasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Edy Nursalam, Selasa (23/2/2021).

Kondisi relatif aman juga terpantau di Terminal Pulogebang, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Kalideres Jakarta Barat. Berbeda dengan kondisi terminal-terminal di atas, banjir terjadi di Terminal Kampung Rambutan. Meski terdapat beberapa titik yang terdampak banjir, layanan operasional di Terminal Kampung Rambutan tetap berjalan normal. Langkah penanganan banjir di Terminal Kampung Rambutan saat ini tengah dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air Pemerintah Provinsi DKI Jakarta salah satunya melalui pembuatan waduk agar dapat menampung air dan mengantisipasi supaya tidak terulang kembali meluapnya air sungai hingga ke terminal.

"Penumpukan penumpang akibat terjadinya banjir justru terdapat di terminal Bekasi," tegasnya. Penumpukan terjadi karena kedatangan bus yang terlambat akibat terjebak banjir. Namun demikian, kondisi tersebut berangsur berkurang seiring dengan mulai menurunnya ketinggian air yang menggenangi beberapa titik di jalan tol Jakarta – Cikampek setelah dilakukan penyedotan air oleh Jasa Marga.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2557 seconds (0.1#10.140)