Banyak Tanggul Jebol Jadi Penyebab Banjir Bekasi dan Karawang

Senin, 22 Februari 2021 - 16:30 WIB
loading...
Banyak Tanggul Jebol Jadi Penyebab Banjir Bekasi dan Karawang
Tak hanya tanggul Sungai Citarum, tanggul irigasi yang jebol juga membuat Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang terendam banjir. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tak hanya tanggul Sungai Citarum , tanggul irigasi yang jebol juga membuat 4 desa di Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang terendam banjir .

“Kita lihat tadi ada beberapa tanggul yang jebol. Bukan hanya tanggul sungai, tapi juga tanggul irigasi. Itu muka airnya sudah rata semua,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melalui keterangan video, Senin (22/2/2021).
Baca juga: Warganet Haru Lihat Aksi Driver Ojol Terobos Banjir saat Antar Paket, Didoakan Tak Putus Rejeki

Basuki bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melakukan peninjauan menggunakan helikopter dari Halim Perdanakusuma ke lokasi jebolnya tanggul Sungai Citarum dan sejumlah titik terdampak banjir lainnya di wilayah Jawa Barat.

Basuki menjelaskan air yang masuk ke Bendungan Jatiluhur juga menjadi penyebab banjir di Karawang akibat air meluap. “Jadi saya kira ini karena apa? Karena ada di hilirnya bendungan Jatiluhur. Hilir bendungan Jatiluhur ada anak sungai Citarum, namanya sungai Cibeet, debitnya sekarang yang masuk sungai Citarum 900 meter kubik per detik,” ungkapnya.
Baca juga: #AniesNgapainAja Ramai, Netizen Ingatkan Banjir Akibat Ulah Manusia

“Walaupun di Jatiluhur dikurangi outflownya karena hanya untuk menggerakkan listrik tapi bergabung dengan Cibeet menjadi 1.300 meter kubik per detik. Daya tampungnya 1.100 meter kubik per detik sehingga meluap,” sambungnya.

Saat ini peralatan dari Balai Besar Citarum telah bergerak untuk mengatasi banjir. “Kami juga mulai bergerak, peralatan dari Balai Besar Citarum untuk segera mengatasi. Dan tadi kalau kita ada tenda-tenda biru itu sudah mulai bekerja,” katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)