Banjir dan Longsor, Ratusan Warga Ciracas Mengungsi

Senin, 22 Februari 2021 - 13:38 WIB
loading...
Banjir dan Longsor, Ratusan Warga Ciracas Mengungsi
Petugas gabungan tengah menangani material longsor di permukiman warga RT12 dengan RT 06/RW 07, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, longsor. Foto: Okto Rizki Alpino/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu 20 Februari 2021 lalu membuat tembok pembatas di permukiman warga RT12 dengan RT 06/RW 07, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, longsor .

Penyebab longsornya tembok dengan ketinggian 3 meter itu ditenggarai kontur tanah tak kuat menahan curah hujan yang ekstrem.

Camat Ciracas Mamad mengatakan, longsornya tembok pembatas itu menimpa saluran penghubung menuju Kali Cipinang yang berbatasan dengan RT 06 dan RT 12. Akibatnya puluhan warga harus mengungsi karena rumah tinggal mereka terdampak banjir.

"Saluran PHB ini letaknya di bawah tanggul, berada di perbatasan antara RT 12 dan RT 06 di RW 07. Tapi yang terdampak longsor warga RT 06, karena kontur tanahnya rendah," kata Mamad di Ciracas, Jakarta Timur, Senin (22/2/2021).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tetapi rumah warga ikut menjadi korban akibat longsor tersebut.

"Untuk rumah warga yang terdampak satu, tembok rumah retak. Tapi dampak banjirnya di RT 06, dengan jumlah KK terdampak sekitar 110 KK. Ketinggian banjir 1 meter lebih," ujarnya.

Dia menuturkan, saat ini bekas longsor dan tembok yang jebol sedang dibersihkan. Warga dibantu petugas gotong royong merapihkan tembok yang jebol.

"Penanganan puing tembok yang longsor sudah dilakukan personel PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) Kelurahan Susukan dan Satpel SDA Kecamatan Ciracas dari hari kejadian. Dikerjakan secara manual oleh petugas," tuturnya.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)