Diprediksi Diguyur Hujan Ekstrem, Ahli Lingkungan UI Nilai Jakarta Sudah Siap Menghadapinya

Jum'at, 19 Februari 2021 - 07:33 WIB
loading...
Diprediksi Diguyur Hujan Ekstrem, Ahli Lingkungan UI Nilai Jakarta Sudah Siap Menghadapinya
BMKG mengeluarkan peringatan dini hujan ekstrem yang akan berlangsung pada 18-19 Februari 2021 di DKI Jakarta dan sekitarnya.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan ekstrem yang akan berlangsung pada 18-19 Februari 2021 di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Pakar Lingkungan Universitas Indonesia (UI) Tarsoen Waryono menilai DKI Jakarta siap untuk menghadapi cuaca ekstrem yang bisa berdampak banjir tersebut."Kalau memang benar bahwa hujan ekstrem di Jakarta dan sekitarnya terjadi pada (19/20 Febuari 2021), untuk DKI Jakarta sepertinya sudah siap untuk menanggulanginya, seperti yang disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta," ujar Tarsoen saat dihubungi MNC Portal, Jumat (19/2/2021).

Tarsoen mengatakan, persiapan itu antara lain teknik dan cara penanggulangan di lapangan (daerah banjir) seperti perahu karet dan pompa air, juga persiapan keterkaitannya dengan bantuan sosial lainnya. "Saya yakin (dapat diatasi/ditangani) karena DKI Jakarta sudah berkali-kali terjadi (langganan) banjir," katanya. Baca: Sambangi Kantor BPBD DKI, Ariza Pastikan Penanganan Kebencanaan Optimal

Tarsoen juga menyebut cuaca ekstrem yang bersumber dari BMKG pada dasarnya merupakan perkiraan, atas dasar hasil analisis Citra Landsat dan atau sejenisnya. Dari analisis tersebut bisa tepat (benar), akan tetapi bisa juga meleset, karena yang diprediksi merupakan gambaran alam pada Citra yang merupakan unsur-unsur dari cuaca (angin, temperatur, kelembaban dan curah hujan, dll).

"Memang saya setuju bahwa pertengahan bulan Februasi 2021, merupakan puncak musim hujan untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, akan tetapi hujan yang jatuh lebih cenderung bergeser ke arah timur utara, karena pengaruh angin selatan," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0887 seconds (0.1#10.140)